Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Weekend" Yuk! Jelajahi Dunia Satwa Singapura

Kompas.com - 04/03/2016, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Negeri Jiran Singapura menjadi salah satu negara favorit pelancong asal Indonesia untuk menghabiskan waktu berlibur. Banyak pilihan obyek wisata yang dapat dikunjungi ketika sampai di Singapura, mulai dari wisata belanja, kuliner, hiburan dan budaya.

Namun masih ada lagi obyek wisata yang bisa menambah pengetahuan mengenai dunia satwa, yaitu Jurong Bird Park dan Night Safari dibawah asuhan Wildlife Reserve Singapore. Ditemani oleh Oni Elmiko, acara "Weekend Yuk" yang tayang di Kompas TV juga tidak mau ketinggalan untuk menjelajahinya.

Jurong Bird Park

Dibuka pada tahun 1971, Jurong Bird Park merupakan taman burung terbesar di Asia. Taman ini menjadi rumah bagi 5.000 burung yang terdiri dari 400 spesies, dan 15 persen di antaranya merupakan burung-burung yang terancam punah.

Seluas 20 hektar, Jurong Bird Park memiliki lokasi yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya Wings of Asia. Di zona Wings of Asia, pengunjung dapat melihat ratusan jenis burung Asia.

Tak ketinggalan, pertunjukan yang ditampilkan oleh para burung juga ada, di antaranya "Lunch and Parrot Show" dan "Flying Bird Show". "Lunch and Parrot Show" merupakan pertunjukan burung Parrot atau juga disebut burung Paruh Bengkok, yang menunjukkan berbagai keahliannya sambil menemani pengunjung yang sedang menyantap makan siang.

Sedangkan Flying Bird Show merupakan pertunjukan yang lebih besar, yaitu para burung bebas terbang ke sana-sini dan menunjukan aksinya yang menarik. Bukan hanya hiburan, Jurong Bird Park memiliki "Breeding and Research Centre". Di sini pengunjung dapat melihat proses pengembangbiakan para burung secara langsung, mulai dari telur hingga siap dilepaskan kembali.

KompasTV/Popo Nurikhsan Pertunjukan "Creature of The Night Show" di Night Safari Singapore
Night Safari

Setelah puas menjelajahi Jurong Bird Park, pada sore hari, "Weekend Yuk" bergeser ke Night Safari. Taman satwa ini dibuka pada pukul 17:00 – 00:00 waktu setempat.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, "Weekend Yuk" pun memilih Premium Safari Adventure Tour untuk menelusuri jalur Night Safari yang berlangsung sekitar 40 menit. Di jalur ini lah pengunjung bisa melihat para hewan malam atau hewan yang sedang beaktivitas di malam hari dengan menggunakan buggy cart.

Jika ingin beramai-ramai, bisa menggunakan trem yang biasa disebut Classic Safari Adventure Tour. Sesaat perjalanan dimulai, pengunjung langsung bisa menemui hewan di ruang terbuka bahkan sangat dekat dengan trem atau buggy cart yang dinaiki pengunjung.

Tempat ini didesain sedemikian rupa agar hewan tidak terganggu oleh pengunjung dan pengunjung tetap merasa aman. Meski gelap seperti hutan asli, terdapat lampu di beberapa titik, yang dirancang seperti cahaya bulan, sehingga terasa alami dan tidak mengganggu para hewan.

Pertunjukan "Creature of The Night Show" menjadi penutup malam kali ini. Pertunjukan ini menampilkan para hewan malam yang beraksi dan sayang jika dilewatkan.

Saksikan keseruannya, di "Weekend Yuk" episode “Dunia Satwa Singapura” setiap hari Minggu pukul 10:30 WIB hanya di Kompas TV. (KompasTV/Fauziyah/Popo Nurikhsan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KompasTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com