Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Asing Heran, Belitung Indah tetapi Sepi Wisatawan

Kompas.com - 09/03/2016, 14:41 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SIJUK, KOMPAS.com - Sejumlah wisatawan asing menganggap Belitung lebih sepi dan indah dibandingkan Bali. Hal itu terungkap pasca-gerhana matahari total di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Bangka Belitung, Rabu (9/3/2016) pagi.

Salah satu wisatawan asing asal Australia, Steve (63), mengganggap Belitung banyak dikunjungi wisatawan asing. Ia beralasan karena di Belitung masih banyak masyarakat lokal yang mengajak berfoto ketika ia liburan di Belitung.

"Di sini pantainya berpasir putih dan jarang dikunjungi. Kalau tempat sudah sering dikunjungi wisatawan seperti Jakarta dan Bali, pasti sudah tak ada yang ingin mengajak saya berfoto," jelas Steve saat ditemui KompasTravel usai gerhana matahari total.

Disinggung tentang Bali sebagai destinasi wisata favorit wisatawan Australia, Steve mengakui jika di Bali sangat ramai oleh wisatawan dari Australia. Menurutnya, wisatawan Australia datang berbondong-bondong ke Bali memang karena harga yang murah.

Kesan pertama indah dan sepi juga ditangkap oleh wisatawan lain asal Jerman, Miriam (26) yang datang bersama pasangannya Tobian (33). Ia mengungkapkan kali pertama ia datang ke Indonesia khususnya Belitung, suasana sepi adalah hal dirasakannya.

"Kami lihat dan dengar tentang Bali khususnya Legian dan Kuta yang ramai. Kami kurang suka suasana ramai. Besok kami pilih Ubud kalau ke Bali," jelas perempuan yang datang ke Belitung khusus untuk melihat gerhana matahari total.

Pantauan KompasTravel, wisatawan mancanegara berdatangan ke Belitung untuk menyaksikan gerhana matahari total. Wisatawan mancanegara menginap di hotel-hotel yang tersebar di Belitung.

Gerhana Matahari Total di area Bangka Belitung melintasi jalur yakni Manggar, Tanjung Pandan, Sijuk, Koba dan Toboali.

Gerhana matahari dimulai pada pukul 06.21 WIB, mengalami puncak gerhana matahari pada pukul 07.23 WIB, dan berakhir pada pukul 08.35 WIB. (Baca: Amati Gerhana, Wisatawan Mulai Berdatangan ke Pantai Tanjung Kelayang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com