Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorontalo Gelar 3 Festival Penyedot Turis Sepanjang 2016

Kompas.com - 10/03/2016, 08:35 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata Gorontalo yang disebut-sebut "The Hidden of Paradise" selain terkenal dengan destinasi wisatanya juga memiliki beragam festival yang tak kalah menarik. Beragam festival tersbut akan diluncurkan dalam kalender Event Wonderful Gorontalo di Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Bertempat di Balairung Gedung Sapta Pesona, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gorontalo Jamal Ngandro mengatakan, akan diluncurkan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan akan dihadirkan beragam kebudayaan Gorontalo, juga pameran potensi-potensi wisata di sana.

“Akan ditampilkan festival-festival kita dalam setahun, juga pameran destinasi-destinasi wisata kita termasuk yang baru, Pulau Cinta sampai kebudayaan-kebudayaannya,” ujar Jamal kepada KompasTravel saat peresmian Forum Kerjasama Pariwisata Pemerintah Daerah seluruh Indonesia (FK-PPDSI) di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Senin (7/3/2016).

Ada tiga festival besar yang akan diselenggarakan sepanjang 2016 di Gorontalo. Festival Pesona Danau Limboto dan Otanaha, Festval Pesona Saronde, dan Festival Pesona Boalemo.

Festival Pesona Danau Limboto dan Otahana terdiri dari rangkaian acara Festival Pesona Otahana di Kota Gorontalo, pada 28-31 Mei 2016. Juga Festival Danau Limboto, yang diselenggarakan di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango pada 16-26 November 2016 secara serempak.

Sedangkan Festival Pesona Saronde yang bertempat di Kabupaten Saronde Utara, diselenggarakan 1-4 September 2016. Ditutup dengan Festival Boalemo pada 27 November hingga 3 Desember 2016, di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

Dalam pameran nanti akan diperlihatkan juga potensi potensi dari berbagai destinasi wisata. Di antaranya ialah Taman Laut Olele, Benteng Otahana, Pulau Saronde, Museum Pendaratan Pesawat Amphibi Soekarno, Pentadio Resort, Taman Nasional Nantu, dan Desa Wisata Torsiaje.

Rosyid Azhar Tiga penari tradisi Gorontalo akan menyemarakkan kegiatan pariwisata tahunan. Kekayaan hayati dan budaya Gorontalo akan menjadi andalan utama
Seperti yang dikutip dalam rilis, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyatakan permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah dalam pengelolaan dan pengembangan pariwisata Gorontalo ialah anggaran yang terbatas dan kurangnya informasi tentang pariwisata daerah.

Melalui festival ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisata, menjadi panduan wisatawan dan dapat menarik investor bidang kepariwisataan baik dari dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi di bumi Hulondhalo.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kominfo Provinsi Gorontalo, Resma Kabakoran, mengatakan pihakya juga mengundang kementerian dan lembaga terkait di pusat seperti DPR dan DPRD, hingga tokoh-tokoh masyarakat asal Gorontalo di Jakarta, serta mitra kerja pariwisata baik di pusat dan daerah seperti ASITA, PHRI, GAWISTRI dan yang lainnya.

Turut mengundang pula masyarakat yang ingin melihat pesona wisata Gorontalo, juga rekan-rekan media pusat sampai daerah.

“Kami berharap Pesona Pariwisata Gorontalo akan menjadi salah satu destinasi wisman maupun wisnus, karena memiliki obyek wisata yang sangat indah sehingga dijuluki "The Hidden of Paradise", ujar Resma kepada KompasTravel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com