Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flores, Toraja, dan Wakatobi Berpartisipasi di ITB Berlin

Kompas.com - 10/03/2016, 15:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pentingnya pemasaran ke mancanegara disadari oleh tiga destinasi pariwisata Indonesia yaitu Flores, Toraja, dan Wakatobi. Ketiga destinasi tersebut akan menjadi peserta pameran dagang pariwisata terbesar dunia yaitu ITB Berlin 2016, di mana tahun ini merupakan tahun ke-50  penyelenggaraan pameran tersebut.

ITB Berlin diselenggarakan di Messe Berlin, Jerman, 9-13 Maret 2016 merupakan ajang berkumpulnya pelaku bisnis pariwisata dari berbagai penjuru dunia. Tiga hari pertama ITB Berlin dikhususkan untuk para pebisnis (B2B) sedangkan dua hari terakhir terbuka untuk umum (B2C).

Partisipasi masing-masing destinasi di ITB Berlin akan diwakili oleh organisasi tata kelola destinasi pariwisata setempat, yaitu Flores DMO, Toraja DMO dan FTKP Wakatobi.

Para perwakilan destinasi tersebut bergabung di bawah naungan Paviliun Indonesia Hall 26A No.122 milik Kementerian Pariwisata Indonesia.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Selasa (2/6/2015).
Menurut Yohan Tangke Salu dari Komisi Pemasaran Toraja DMO, dipilihnya ITB Berlin sebagai taktik promosi destinasi kuartal pertama tahun ini selain karena reputasinya yang mendunia juga karena Eropa merupakan pasar utama destinasi Toraja.

Keputusan ini diperkuat oleh hasil exit survey 2015 yang diadakan oleh DMO dan FTKP di masing-masing destinasi yang menunjukkan bahwa wisatawan Eropa merupakan pengunjung terbesar Destinasi Flores, Toraja dan Wakatobi.

Selain menjadi peserta ITB Berlin, ketiga destinasi juga akan mengadakan business luncheon di Amsterdam pada tanggal 16 Maret 2016.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan destinasi akan berkenalan secara langsung sekaligus melakukan presentasi di depan para tour operator di Belanda.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (9/8/2015).
“Kami perlu terus menyampaikan hal-hal menarik yang terjadi di destinasi seperti atraksi terbaru dan jadwal event sehingga pasar mengetahui dan semakin tertarik untuk berkunjung ke destinasi,” kata Girda Safitri, Manajer Pemasaran Flores DMO.

Flores, Toraja dan Wakatobi merupakan tiga destinasi di Indonesia yang serius mempromosikan citra pariwisatanya. Berbeda dengan dua destinasi lainnya, tahun ini merupakan tahun pertama Wakatobi di bawah FTKP Wakatobi berpartisipasi dalam pameran dagang pariwisata.

“Dengan mengikuti ITB Berlin dan mengadakan business luncheon di Amsterdam kami berharap dapat berbagi informasi dan membina hubungan baik dengan pelaku bisnis pariwisata guna memperkuat jaringan pasar global, termasuk Eropa,” kata La Ode Amaluddin dari FTKP Wakatobi. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com