Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Lihat Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Cibodas...

Kompas.com - 10/03/2016, 16:03 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga bangkai setinggi 3,75 meter dan lebar 1,7 meter kembali mekar di Kebun Raya Cibodas, Senin (7/3/2016).

Bunga bangkai raksasa ini terakhir mekar pada tahun 2011, setelah didatangkan dari hutan Sumatera sekitar tahun 1990. Dengan berat umbi mencapai 100 kilogram, tak heran tumbuh menjadi bunga raksasa. Di tahun ini, bunga tersebut mekar secara sempurna.

Peneliti LIPI khusus Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas Destri, mengatakan diprediksi bunga mekar pada siang hari, tapi ternyata tumbuh lebih cepat sehingga dini hari sudah mengeluarkan baunya.

(BACA: Bunga Bangkai dengan Raflesia Itu Beda!)

"Kita sempat tertipu, ternyata mekar saat malam hari. Bunganya mekar sempurna tahun ini, warnanya pun keluar, sangat indah," ujar Destri saat dihubungi KompasTravel, Senin (7/3/2016).

Pihaknya memprediksi akan tetap mekar sekitar tiga hari lebih kedepan, tergantung cuaca. Saat intensitas hujan yang lebat diprediksi akan cepat, tidak sampai satu minggu.

Dia menambahkan selain mekar sempurna, pertumbuhan bunga ini ketika akan mekar sangatlah cepat. Menurut data peneliti rata-rata pertumbuhan tiap harinya mencapai 10 centimeter.

Warna merah pada seludangnya sangat merona. Mengeluarkan bau sangat khas, yang bisa dirasakan dari radius 20 hingga 50 meter.

Dilindungi pagar besi, wisatawan dapat melihatnya dan mencium aroma bangkai khas bunga ini. Sangat diimbau untuk tidak melempar apa pun ke bunga tersebut. Karena beberapa kali sebelumnya terjadi perusakan yang merugikan berbagai pihak.

"Silakan menikmati kekayaan flora Indonesia yang ada di kebun raya sepuasnya tapi jangan pernah merusak sekecil apa pun. Kesopanan dan penghargaan yang tinggi dari pengunjung merupakan dukungan yang luar biasa untuk konservasi flora Indonesia," ujar Destri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com