Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ake Sentosa, Pesan Kesejahteraan dari Ternate

Kompas.com - 17/03/2016, 09:11 WIB
NUR Ain (31) bersama anaknya, Muhammad Kadafi (3), berhenti sejenak dan melepaskan alas kaki mereka sebelum memasuki pintu menuju Ake Sentosa di kompleks Kedaton Sultan Ternate, Maluku Utara.

Keheningan senja pada awal Februari lalu itu mengantar mereka menuju sebuah ”alam baru”, alamnya para leluhur yang diyakini dekat dengan bisikan Tuhan.

Setelah memberi salam, sambil memegang jeriken kosong, Nur menuntun Kadafi menuruni tangga kemudian berjalan pelan. Sambil menunduk, Nur beberapa kali mengucapkan salam dengan setengah berbisik.

(BACA: Kapan Gerhana Kembali Lagi?)

Salam Nur terdengar jelas saat ia menyapa Samsul Gani, salah satu perwira tinggi Kesultanan Ternate yang duduk di dalam gazebo tak jauh dari pintu masuk itu.

Setelah melewati gazebo, Nur kembali mengucap salam juga dengan suara setengah berbisik dan terus berjalan menuju sebuah ruangan sempit. Tak tau kepada siapa ia memberi salam.

Tiba di depan ruang itu ia berhenti lagi dan kembali mengucapkan salam. Setelah masuk, ia menenangkan diri sejenak dan berdoa beberapa menit.

Seusai berdoa, sambil bersujud, Nur bergerak mendekati sumber Ake Sentosa dalam ruang itu. Dengan gayung, ia mengambil air dan menuangkannya ke dalam jeriken hingga penuh.

Kadafi pun diajak masuk untuk meminum air dan membasuh wajah. Nur kemudian berdoa lagi dan keluar dari ruang itu.

Ake dalam bahasa Indonesia berarti air. Dinamakan Ake Sentosa karena air itu diyakini membawa kesejahteraan bagi orang yang menggunakannya untuk minum, mandi, atau membasuh tubuh.

Air itu dianggap mujarab sebab telah terbukti menyembuhkan penyakit dan mengusir roh jahat.

Atas keyakinan itu pula, Nur sering kali datang mengambil air di sumber air yang tak pernah kering itu sejak ia masih seusia Kadafi.

Salah satu pengalaman yang dialami Nur ialah air itu dapat menyembuhkan ayahnya, Yusuf Madu (57), yang sakit akibat pengaruh roh jahat.

Kekuatan yang dimiliki Ake Sentosa tak lain merupakan berkah dari Tuhan. Di tempat itu berdiam pula para leluhur Ternate yang semasa hidup mereka penuh dengan kebajikan. Leluhur itu dianggap dekat dengan bisikan Tuhan.

Kendati tidak berwujud, mereka turut menjaga kesucian air itu. Ketika memerintah, para sultan Ternate menggunakan air itu untuk minum, wudu, dan mandi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com