Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelesir ke Belitung, Hanya di Pulau Ini Tersedia Rumah Makan...

Kompas.com - 17/03/2016, 15:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Lelah berkeliling pulau di perairan Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, saatnya mengisi perut dengan makanan dan minuman.

Rumah makan di Pulau Kepayang yang terletak di tengah perairan Belitung bisa menjadi tujuan jika tak membawa makanan dari daratan Belitung.

Pemandu wisata program Dwidayatour Media Trip: Gerhana Matahari Total Belitung, Escape Jolly Barito kepada KompasTravel mengatakan, rumah makan di Pulau Kepayang merupakan satu-satunya yang ada di perairan Belitung yang menyediakan makanan dan minuman.

(BACA: Gangan Belitung, Perpaduan Asam Pedas Renyahnya Kulit Ikan)

"Biasanya di sini untuk transit wisatawan. Kalau ke pulau daripada bawa makanan lalu kesulitan kan bisa beli di sana," jelas Escape.

Ia menyebutkan keberadaan rumah makan itu telah mulai ada sekitar tiga tahun yang lalu. Escape menjelaskan di sana, wisatawan dapat memesan aneka makanan laut dan juga minuman yang tersedia di rumah makan tersebut.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan tengah menikmati santapan di bagian dalam rumah makan di Pulau Kepayang, Belitung, Rabu (9/3/2016).

Rumah makan yang beratapkan seng dan dilapisi rumbai-rumbai daun kelapa berwarna coklat ini menyediakan tempat yang bisa menampung sekitar 100 orang. Terdapat dua pilihan tempat duduk yakni di bawah atap dan di luar atap bangunan.

(BACA: Tiada Hari Tanpa Kopi di Belitung...)

Di rumah makan Pulau Kepayang itu, wisatawan dapat memesan mulai dari makanan ringan, makanan utama, dan juga minuman.

Makanan utama yang bisa dipesan seperti ikan bakar, ikan masak kuah gangan, sup ikan bulat, bakso ikan super pedas, cumi dan udang bakar, goreng tepung/mentega, saus padang/tiram, aneka tumis sayuran (kangkung, sawi, kacang panjang, kangkung terasi).

Tersedia pula nasi goreng, sate ayam, sate kerang, dan ikan goreng mentega.

(BACA: Minum Kopi Sambil Belajar Musik Jazz di Museum Kata Andrea Hirata)

Sementara untuk makanan pembuka, wisatawan bisa memesan otak-otak goreng/bakar, pisang, kentang, dan singkong goreng, mie instan, kerupuk kulit, dan juga kacang kulit.

Jika kehausan, minuman yang tersedia adalah kopi susu, teh susu, cokelat, cappucino, jeruk kunci, jeruk manis, kelapa muda, air mineral, dan minuman-minuman lain.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan bersantai sambil menyantap makanan di pinggir pantai Pulau Kepayang, Belitung, Rabu (9/3/2016).


Harga makanan yang ditawarkan di rumah makan Pulau Kepayang berkisar Rp 15.000 - Rp 135.000. Sementara untuk minuman, harga yang ditawarkan mulai Rp 10.000 - Rp 20.000.

Di bagian tengah rumah makan, terdapat satu meja yang berbentuk perahu yang menyediakan minuman seperti teh dan kopi hitam. Wisatawan bisa mengambil minuman dan mengisi ulang di meja tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com