Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Liburan tetapi Telah Pesan Kamar Hotel? Jual Kamarnya di Sini...

Kompas.com - 17/03/2016, 21:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kalanya terjadi saat berencana melancong dan telah membayar kamar hotel, tetapi mendadak rencana perjalanan itu berubah. Kamar hotel yang telah dipesan itu pun terpaksa dibatalkan. Akibatnya, uang yang telah dibayarkan tak bisa kembali.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebuah situs digital, Tixton, memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk menjual kamar tersebut kepada orang lain. Kamar hotel yang tak terpakai itu dapat dijual dengan harga 30 persen lebih murah dari harga asli.

"Makin hari, kamar hotel yang dibatalkan semakin banyak. Ribuan kamar hotel dibatalkan dengan sia-sia. Tixton memberikan solusi praktis bagi traveler yang harus membatalkan perjalanan," kata Managing Director Tixton, Alfredo Setiabudi (29), saat media gathering di Jakarta, Selasa (16/3/2016).

Ia mengatakan, penjualan kamar hotel yang tak terpakai tersebut akan berbentuk kredit Toncoin. Toncoin adalah kredit yang dapat digunakan untuk memesan kamar hotel di Tixton.

Alfredo melanjutkan, wisatawan dapat "menjual" kembali kamar-kamar hotel yang ada di empat negara yang dilayani oleh Tixton. Ada pun empat negara tersebut adalah Indonesia, Hongkong, Singapura, dan Malaysia.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Managing Director Tixton, Alfredo Setiabudi (kanan) dalam Media Gathering di Jakarta, Selasa (16/3/2016).
"Kamar-kamar hotel yang dijual hanya bisa dari bintang 3-5. Kita pilih bintang tersebut karena terkait standar prosedur yang dijalani di sana kita anggap sudah siap. Paling lambat kalau mau jual, satu minggu sebelum check-in date," jelas laki-laki lulusan Nanyang Technological University itu.

Dilansir dari situs online Tixton, daerah-daerah yang dilayani oleh Tixton adalah Semarang, Yogyakarta, Lombok, Surabaya, Makassar, Bangka, Bintan, Labuan Bajo, Solo, Malang, Jakarta, Bandung, Bali, Manado, dan Medan. Untuk di luar Indonesia adalah Singapura, Kuala Lumpur, Penang, Langkawi, Melaka, Johor, dan Hongkong.

Tixton adalah platform perjalanan online yang didirikan pada Januari 2016 yang memiliki visi untuk mengubah kesia-siaan perjalanan yang mahal menjadi kesepakatan yang menarik. Selain memberikan kesempatan untuk menjual kamar hotel, pengguna juga bisa membeli kamar hotel yang tak terpakai.

Untuk wisatawan yang ingin mencoba, bisa mengunjungi website www.tixton.com untuk informasi lebih lanjut. Saat ini, Tixton memberikan promo berupa kupon sekali pakai, dengan nilai setara Rp 200.000 bagi mereka yang mendaftar dan melakukan pembelian pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com