Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan di Pantai Balangan Bali, Pesona Pasir Putih dan Biru Laut

Kompas.com - 18/03/2016, 14:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JIMBARAN, KOMPAS.com - Saat berlibur di Bali, pantai tersohor sudah pasti Pantai Kuta. Namun jika ingin lepas dari keramaian dan suasana Pantai Kuta, cobalah menuju ke arah Uluwatu dan menyepi di Pantai Balangan.

Pantai ini terletak di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran. Wisatawan yang ingin bersantai di atas pasir Pantai Balangan, harus berjalan kaki menuruni tangga yang membelah tebing terlebih dahulu sekitar 50-70 meter dari tempat parkir kendaraan.

Selain sekadar bersantai di pinggir pantai dan berjalan menyusuri garis pantai, wisatawan juga bisa mencoba berselancar. Ombak laut di Pantai Balangan ini kerap dijajal oleh peselancar, terutama turis asing. 

Pantai Balangan juga cocok untuk penyuka fotografi. Di sisi timur pantai, terdapat tebing yang langsung menghadap laut maupun pantai. Di sana, pengunjung dapat mengabadikan diri dengan latar belakang laut lepas.

Namun, hati-hati jika sedang mengambil foto di sekitar tebing Pantai Balangan. Pasalnya tidak ada pengaman berupa kabel sling maupun bentuk apapun yang melindungi pengunjung dari resiko terjatuh dari atas tebing.

Di sekitar area Pantai Balangan sudah tersedia fasilitas kamar mandi untuk membilas tubuh setelah bermain di pantai. Di dekat area parkir, juga terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

Untuk memasuki Pantai Balangan, wisatawan tak dikenakan biaya tiket masuk. Jika membawa kendaraan, biaya parkir yang akan ditarik di pintu masuk yakni Rp 5.000.

Pantai Balangan sendiri terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai, pantai ini berjarak sekitar 15 kilometer. Pantai ini bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa.

Pantai Balangan terletak tak jauh dari obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Pantai Dreamland. Jika ingin menggunakan taksi dari Bandara Ngurah Rai, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 250.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com