Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Lanto, Salah Satu Tempat "Diving" di Kota Baubau

Kompas.com - 18/03/2016, 17:03 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BILA Anda ingin berenang, sebaiknya mencoba berenang di dalam Goa Lanto. Selain airnya yang jernih dan tawar, air di dalam goa ini juga menyegarkan dan airnya juga mempunyai kedalaman sekitar 12 meter.

Menurut DJ Budiharto, warga Kota Baubau, Goa Lanto merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Panjang goa tersebut sekitar 100 meter dan hanya bisa dilalui dengan menyelam atau diving.

(BACA: Menggunakan Kapal Pesiar, Wisman Kunjungi Kota Baubau)

“Tapi kalau mau diving harus orang yang sudah profesional. Bagi yang pemula jangan coba-coba. Ini memang salah satu tempat diving yang bagus. Di dalam air kita seperti melayang dan melihat bentuknya yang indah,” kata Budiharto, Kamis (17/3/2016).

Selama diving, dia hanya melihat seekor ikan saja yang melintas di depannya. Budiharto bersama seorang temannya juga melakukan diving di dalam goa tersebut.

(BACA: Benteng Sorawolio Terbuat dari Batu Karang dan Putih Telur)

Lokasi Goa Lanto ini berada di sekitar 8 meter dari jalan raya di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna. Bagi warga sekitar, Goa Lanto menjadi tempat permandian umum.

KOMPAS.COM/DEFRIATNO NEKE Jernihnya air di dalam Goa Lanto. Goa ini menjadi salah satu tempat destinasi wisata di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.
“Mandi di situ sangat enak, airnya dingin, dan memang goanya agak gelap karena matahari tidak masuk sampai ke dalam. Tapi airnya sangat segar, saya dengan teman-teman biasa datang mandi ke situ,” ujar Agus (17).

Sepintas bila dilihat dari luar seperti bukan goa, namun seperti liang yang menuju ke bawah. Ketika memasuki goa, sudah terlihat tanah yang berada di dalam basah karena tetesan air yang keluar dari atas goa.

Namun masuk ke dalam goa tidak menyulitkan, karena sudah terdapat anak tangga yang telah dibuat hingga mendekati air dalam goa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com