Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hening Itu Indah

Kompas.com - 19/03/2016, 16:21 WIB
DAMAI. Hanya itu kata yang terlintas saat melepas pandangan ke Taman Sogenchy di Kuil Tenryuji di kawasan Arashiyama, Kyoto, Jepang, awal Desember tahun silam.

Hamparan pasir putih beralur khas taman Jepang seolah membatasi kolam tak beriak dengan bebatuan yang terserak dalam formasi yang pas.

Ini berpadu dengan latar belakang bukit yang tertutup rimbun warna-warni daun musim gugur, menancapkan kesan yang dalam. Indah.

Putihnya bunga camelia, semburat jingga pheony, dan bunga-bunga subtropis lainnya melengkapi keindahan kompleks Kuil Tenryuji.

(BACA: Cara Tokyo Mendulang Uang)

Tak ada kaki yang menginjak dan tak ada tangan usil yang memetik. Sejumlah wisatawan tak ingin kehilangan momen indah ini untuk berfoto.

Padat pengunjung, tak menghadirkan keriuhan. Seolah semua wisatawan yang datang punya tujuan sama, mencari keheningan. Tidak perlu banyak bicara, nikmati saja keindahan ini.

Keheningan pula yang terasa saat menyusuri hutan bambu yang berada di sekitar kuil. Berjalan di alur jalan sepanjang 500 meter yang membelah hutan bambu dilakukan dalam senyap, hanya ada gemeresik dedaunan bambu tertiup angin.

(BACA: Anastasia Herzigova, Kerja Sambil Wisata)

Mencapai Kuil Tenryuji tidaklah sulit. Dari Bandara Internasional Kansai Osaka naik kereta sekitar 30 menit menuju Tokyo, turun di Stasiun Saga Arashiyama. Harga tiketnya 3.130 yen atau sekitar Rp 356.800.

Adapun harga tiket masuk ke areal kuil 500 yen atau sekitar Rp 57.000, dan tambahan 100 yen jika ingin masuk ke bangunan-bangunan di areal kuil.

Dari stasiun menuju kuil hanya butuh berjalan sekitar 600 meter. Jika ingin bersepeda, di dekat pintu keluar stasiun tersedia penyewaan sepeda dengan tarif 1.000 yen atau sekitar Rp 114.000 per hari, atau dari pukul 09.00 hingga 15.00.

(BACA: Mei Ini, Waktu Terbaik Lihat Bunga Sakura di Sapporo)

Kalau belum sempat menaruh koper di hotel, wisatawan dapat menitipkan koper di tempat penitipan dengan tarif 200 yen atau Rp 22.800 per koper.

Kuil Tenryuji adalah kuil Zen yang dibangun tahun 1339 oleh Shogun Ashikaga Takauji untuk mengenang Kaisar Go Daigo yang tewas dalam perang sipil. Dari perang itu, keluarga Ashikaga meraih kekuasaan. Pembangunan kuil ini dipercayakan kepada Zen master, Muso Soseki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com