Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru! Menjajal Jeram-jeram Sungai Ayung

Kompas.com - 19/03/2016, 21:18 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

UBUD, KOMPAS.com - Seru! Satu kata tersebut disepakati para pemenang kompetisi "TakeMeAnywhere" saat mencoba rafting di Sungai Ayung, Ubud, Gianyar, Sabtu (19/3/2016) sore.

Perjalanan dimulai dari titik start di Ubud Adventure Center. Para pemenang mulanya harus turun melalui ratusan anak tangga untuk mencapai tepian Sungai Ayung. Setelah pembekalan, para peserta "TakeMeAnywhere" pun mulai menjajal jeram-jeram.

Kegiatan rafting tersebut dikelola oleh Bali Adventure Tours yang memang sudah sejak tahun 1989 biasa membawa tamu untuk rafting di Sungai Ayung. Pengarungan berlangsung selama kurang lebih 2 jam di sungai sepanjang lebih dari 9 kilometer.

(BACA: Tips Arung Jeram di Sungai Ayung)

Teriakan-teriakan keseruan terdengar membahana setiap peserta rafting melewati jeram. Di beberapa titik, peserta turun dan berenang santai mengikuti arus. Keseruan semakin menjadi saat tersiram air terjun kecil. Tak lupa, selama berarung jeram, mereka asyik mengabadikan kegiatan tersebut.

Salah satu hal menarik selama berarung jeram di Sungai Ayung adalah peserta bisa melihat tebing andesit yang dihiasi ukiran relief berceritakan kelahiran Rama dari kisah Ramayana. Relief ini memenuhi tebing sepanjang 500 meter.

"Jadinya arung jeram tapi seni," kata Andra Bedy Eko Setiawan (24), salah satu pemenang, kepada KompasTravel.

(BACA: Menantang Jeram-jeram Liar Sungai Ayung)

Andra menuturkan pengalamannya di Sungai Ayung merupakan kali pertama mencoba berarung jeram. Menurutnya, pengalaman tersebut begitu seru.

Hal senada juga diungkapkan pemenang lainnya, Kharizta Ajeng (24) yang mengaku baru kali pertama berarung jeram. Awalnya, ia sempat takut berarung jeram di Sungai Ayung. "Tetapi ternyata asyik dan seru banget," katanya.

Menurut Kharizta, berarung jeram di Sungai Ayung bersama Bali Adventure Tours cocok untuk pemula.

Devi Nila, Marketing Manager Bali Adventure Tours menuturkan bahwa arung jeram di Sungai Ayung memiliki grade 2-3, sehingga cocok untuk pemula. "Aman untuk (usia) 5 sampai 65 tahun," katanya.

Devi menambahkan Bali Adventure Tours bisa dibilang sebagai pelopor operator arung jeram di Sungai Ayung. Setiap peserta akan dipandu oleh pemandu profesional bahkan dilengkapi asuransi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com