Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padang Ulan, Menikmati Kesenian Banyuwangi di Pesisir Pantai Boom

Kompas.com - 26/03/2016, 08:46 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur, dan bertepatan dengan malam bulan purnama, anda harus mampir di Pantai Boom karena ada pergelaran Padang Ulan yang menampilkan kesenian tradisi masyarakat Banyuwangi.

Seperti pada Kamis (24/3/2016), para penari dari Sanggar Rama Lestari, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi tampil membawakan beberapa tarian daerah Banyuwangi.

(BACA: PT KAI Luncurkan Lori Wisata Lintas Jember-Banyuwangi)

Para penari membawakan tari Gandrung, tari Nyiru, tari Jaranan Buto, dan tari Mijil Seblang di amphitheater yang menghadap langsung ke Pantai Boom.

"Padang ulan ini sebenarnya tradisi dari nelayan. Saat bulan purnama sepi ikan sehingga mereka menggelar hiburan di tepi pantai dan tradisi ini sekarang kami hidupkan kembali," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda kepada KompasTravel, Jumat (25/3/2016).

Menurutnya pemerintah Kabupaten Banyuwangi memfasilitasi siapa pun untuk tampil saat pergelaran Padang Ulan, mulai dari kelompok tari, musik tradisional hingga teater.

Untuk penonton pun tidak dipungut tiket dan mereka bisa menonton secara lesehan di sekitar pementasan.

"Karena berbentuk amphitheater sehingga penonton bisa duduk di tempat yang disediakan. Bebas siapa saja bisa datang dan nonton," kata Bramuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com