Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke "Little Bali" di Kampung Wonco

Kompas.com - 27/03/2016, 17:00 WIB
Defriatno Neke

Penulis

KOMPAS.com - Suasana budaya Bali begitu terasa bila Anda mendatangi Kampung Wonco, Kelurahan Ngkaring-Ngkaring, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Setiap rumah di kampung ini mempunyai tempat persembahyangan (sanggah) dengan bentuk dan gaya arsitektur Bali.

Ada beragam bentuk, mulai dari yang sederhana terbuat dari papan dan ada yang terbuat dari bata dan semen. Orang yang datang berkunjung, biasa menyebut kampung ini dengan sebutan Little Bali.

“Banyak yang menyebutnya begitu, karena di sini juga ada restoran juga dengan nama Little Bali. Banyak orang-orang luar kalau hari libur datang berfoto-foto di sini,” kata seorang warga Kampung Wonco, Putu Ayu Suliastrini (26), Sabtu (26/3/2016).

Kampung Wonco merupakan daerah transmigrasi Kota Baubau di tahun 1979 dan dihuni penduduk yang berasal dari daerah bali. Daerah ini kini menjadi lahan pertanian yang subur dan dipenuhi dengan hijaunya sawah.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Tempat sembahyang milik Nyoman Cerata (61) yang berada di depan rumah miliknya. Setiap rumah di kampung wonco ini memeliki tempat sembahyang sendiri
Menurut seorang warga kampung lain, Nyoman Cerata (61), adat istiadat Bali di kampung ini masih dipertahankan. Ia menambahkan walaupun jauh meninggalkan Pulau Bali, namun adat tetap tidak bisa ditinggalkan.

“Adat itu tidak bisa ditinggalkan, biar bagaimana pun juga adat tetap kami bawa ke sini. Di sini setiap rumah ada tempat sembahyang,” ujar Nyoman.

Warga di kampung ini terlihat sangat kental kekeluargaannya walaupun berasal dari berbagai daerah di Pulau Bali. Bagi Nyoman, kampung ini ibarat tanah kelahirannya, sehingga ia tidak terlalu merindukan kampung halamannya.

“Bagi kita ya sudah di sini. Ini juga tak jauh beda dengan di kampung di Bali. Teman-teman kalau datang ke sini mengatakan, kampung ini tak jauh beda dengan di bali,” tuturnya.

Kampung Wonco ini berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Baubau. Bila Anda datang berkunjung ke sini, selain bisa menikmati Little Bali juga dapat merasakan keindahan sawah yang hijau dan sejuk di pandang mata. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com