Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Tiket ke Wisata Terbaru di Banyuwangi Ini Gunakan Bibit Cemara Udang

Kompas.com - 27/03/2016, 18:01 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Para aktivis lingkungan menyediakan 5000 bibit cemara udang untuk ditanam di Pulau Tabuhan, salah satu destinasi wisata baru di Banyuwangi. Saat ini sudah 2.500 bibit yang telah ditanam dan penanaman sisanya dilakukan secara bertahap.

Ikhwan Arief, koordinator aksi kepada Kompas.com, Sabtu (26/3/2016) menjelaskan tujuan penanaman bibit tersebut agar Pulau Tabuhan lebih hijau serta mencegah terjadinya abrasi di pulau kecil yang berada utara Kabupaten Banyuwangi.

"Ini upaya agar ekosistem yang ada di sekitar pulau Tabuhan tetap terjaga karena masuk wilayah konservasi serta area wisata," jelas Ikhwan Arief.

Aksi penanaman tersebut akan dilakukan selama sepekan dan akan melibatkan semua kalangan mulai dari aktivis lingkungan, nelayan, mahasiswa hingga komunitas muda.

Uniknya bagi siapapun yang ingin menanam cemara udang di Pulau Tabuhan, mereka cukup mendaftar di kawasan Pantai Bangsring dan membawa 10 bibit cemara udang yang telah disediakan sebagai tiket menyeberang.

"Jadi satu orang tinggal ambil 10 bibit cemara udang sebagai tiket ke Pulau Tabuhan. Nanti akan diantarkan gratis oleh para nelayan ke Pulau Tabuhan," jelas Ikhwan Arief. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com