Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Ikut Bersepeda Wisata di Danau Toba

Kompas.com - 28/03/2016, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata bertekad menyukseskan kegiatan bersepeda wisata berkeliling di sekitar Danau Toba (Geobike Caldera Toba) pada tanggal 8 hingga 10 April 2016 yang melintasi tujuh kabupaten di Provinsi Sumatera Utara itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Minggu (27/3/2016), mengatakan kegiatan itu sebagai salah satu promosi Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas unggulan Indonesia tahun 2016.

Kegiatan itu sekaligus menyambut pembentukan Badan Otorita Pariwisata Toba dalam waktu dekat ini.

Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan Kemenpar menjadi "leading sector" terhadap kebutuhan infrastruktur di Toba.

Bersepeda wisata keliling Danau Toba itu diselenggarakan oleh Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI) sebagaimana yang telah dilakukan pada tahun lalu.

"Geobike Caldera Toba 2016" di sekitar Danau Toba melintasi tujuh kabupaten yaitu Samosir, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Simalungun, Dairi, dan Karo.

SONORA/S JUMAR SUDIYANA Patung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
Kegiatan bersepeda wisata yang diikuti ratusan pesepeda itu untuk meningkatkan kunjungan pariwisata ke Danau Toba. Toba adalah ikon pariwisata Sumatera Utara.

Ada dua etape bersepeda itu, pertama start di Tao Silalahi-Paropo (Kabupaten Dairi)-Tongging (Kabupaten Karo)-Rumah Bolon-Simanjarunjung-Parapat (Kabupaten Simalungun).

Lalu etape kedua, Balige (Kabupaten Toba Samosir)-Silangit-Muara (Kabupaten Tapanuli Utara)-Bakkara (Kabupaten Humbang Hasundutan)-Nainggolan, dan finish di Pangururan (Kabupaten Samosir).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com