Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tim Pastikan Ikut Tour de Ijen

Kompas.com - 28/03/2016, 22:14 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 20 tim luar negeri dari 29 negara akan mengikuti event balap sepeda Intenational Tour de Banyuwangi Ijen pada 11-14 Mei 2016.

"Ada negara San Marino. Itu negara baru. Ada Australia, Jepang, Singapura, Amerika, dan beberapa negara lain totalnya ada 29 negara," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas usai Jumpa Pers Tour de Banyuwangi Ijen di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Bupati Anas menjelaskan, 29 negara tersebut berasal dari benua-benua seperti Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Oceania. Setiap tim yang mengikuti Tour de Banyuwangi Ijen berjumlah lima orang.

"Jadi kalau satu tim lima orang, tinggal dikalikan 20 tim kali lima orang menjadi 100 orang yang ikut Tour de Banyuwangi Ijen," kata Anas.

Dari 20 tim tersebut, tim papan atas Asia antara lain lPishgaman Giant Team, Skydive Dubai Al Ahli, dan Tabriz Shadari Team yang merupakan juara 1, 2, 3 Asia serta tim Eropa seperti Timnas San Marino dan Tim Nasional Irlandia dipastikan juga mengikuti Tour de Banyuwangi Ijen.

Para peserta ITdBI 2016 nantinya akan ditantang untuk menyelesaikan seluruh lintasan yang terdiri empat etape sepanjang 567 kilometer.

Rute ini ditempuh dengan melintasi berbagai destinasi wisata, mulai wisata pantai, perkebunan, sentra pertanian, keliling kota hingga kaki Gunung Ijen yang dikenal dengan fenomena blue fire-nya.

Tour de Banyuwangi Ijen tahun 2016 merupakan tahun penyelenggaraan kelima sejak pertama kali diselenggarakan. Hadiah yang disiapkan tahun ini mencapai total Rp 1,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com