Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melepas Dahaga dengan Pisang Ijo Rainbow

Kompas.com - 29/03/2016, 06:00 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com - Panasnya sinar matahari akan terasa nikmat bila menyantap minuman yang dingin dan menyegarkan. Nah, di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, banyak terjual minuman khas Sulawesi yaitu es pisang ijo yang mampu memenuhi rasa dahaga.

Tetapi es pisang ijo satu ini berbeda dari es pisang ijo biasanya yang banyak dijual. Es pisang ijo ini berwarna-warni seperti pelangi yang membungkus pada buah pisangnya. Pisang ijo ini pun disebut juga dengan Pisang Ijo Rainbow.

“Pisang ijo ini bedanya hanya warna yang tadinya hijau jadi warna warni kayak pelangi. Warna ini menggunakan bahan pewarna makanan yang aman dikonsumsi,” kata seorang penjual es Pisang Ijo Rainbow, Mila (27), yang berada di Jalan Cokroaminoto, Kelurahan Lamangga, Kecamatan Murhum, Senin (28/3/2016).

Bahan untuk membuat Pisang Ijo Rainbow ini sama seperti membuat pisang ijo yang biasa, yakni menggunakan tepung beras, pisang raja yang sudah tua, pewarna makanan, gula pasir, daun pandan, garam dan sirup merah (DHT).

Sedangkan untuk sausnya menggunakan santan, tepung terigu, daun pandan, gula, garam dan es serut.

“Pisang ijo rainbow ini bisa dicampurkan dengan cokelat, keju atau milo. Harganya cukup murah dari Rp 10.000 sampai Rp 14.000,” ujarnya.

Pisang Ijo Rainbow dilihat dari warnanya, sudah sangat menggunggah selera untuk dicicipi. Apalagi bila dicampurkan dengan cokelat, keju, atau milo yang tentunya rasanya lebih nikmat. Hal ini seperti dituturkan seorang penggemar pisang ijo rainbow, Rezky Pratiwi.

“Rasanya enak. Rasa cokelat dalam sausnya terasa nikmat dan rasa pisangnya juga enak dan tidak terlalu keras. Pisang ijo ini, segar disantap apalagi kalau panas-panas di siang hari,” ucap Rezky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com