Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Kembangkan Grand New Watu Dodol sebagai "Rest Area"

Kompas.com - 29/03/2016, 13:25 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Mohamad Yanuarto Bramuda mengatakan, obyek wisata Grand New Watu Dodol akan dikonsepkan sebagai area peristirahatan bagi para pengendara kendaraan yang ingin menyeberang ke Bali dari Banyuwangi.

"Grand New Watu Dodol adalah destinasi yang kita siapkan tempat untuk relaksasi. Jadi sebelum ke Bali bisa mampir," kata Bramuda saat diwawancarai KompasTravel usai Jumpa Pers Tour de Banyuwangi Ijen di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Letak obyek wisata Grand New Watu Dodol sendiri berada dekat dengan Pelabuhan Ketapang.

Menurut Bramuda, kondisi lalu lintas menuju Pelabuhan Ketapang kerap terjadi kemacetan yang panjang sebelum memasuki pelabuhan.

"Kadang kan macetnya bisa berkilo-kilometer. Di tengah macet bisa istirahat di sana, nanti ada kafe-kafe yang beroperasi 24 jam. Jadi seperti rest area," katanya.

Obyek wisata Grand New Watu Dodol rencananya akan dikembangkan di atas lahan seluas 12 hektar. Di sana nanti akan dibagi menjadi tiga zonasi yakni private, umum, dan minat khusus.

Untuk private akan dibangun resort-resort tempat istirahat, area umum untuk wisatawan, dan area minat khusus bagi yang ingin membuka tenda.

Obyek wisata Grand New Watu Dodol berlokasi di Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com