Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sehari ke Cirebon, Contek "Itinerary" Berikut Ini

Kompas.com - 30/03/2016, 16:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Jika tak punya waktu cuti atau liburan panjang, tak perlu pergi berwisata jauh-jauh ke luar negeri maupun luar pulau, terutama bila Anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Salah satu destinasi wisata pilihan adalah Kota Cirebon yang cocok dikunjungi bahkan jika Anda hanya memiliki satu hari saja.

Cirebon terletak sekitar 220 kilometer dari Kota Jakarta dan bisa ditempuh kurang lebih tiga jam menggunakan moda transportasi kereta api maupun mobil pribadi. Apalagi saat ini, wisatawan bisa dengan mudah mengunjungi Kota Cirebon dari Jakarta melalui Tol Cipali.

Nah, di Cirebon juga memiliki beberapa obyek wisata yang dapat dikunjungi dalam satu hari seperti Taman Gua Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, dan pusat oleh-oleh Batik Trusmi. Perjalanan dapat dimulai pada pagi hari dan kembali ke Jakarta pada malam hari.

KompasTravel sempat mencoba wisata sehari bersama PT. KAI dalam program "Traveling by Train with Cirebon Ekspres" bersama komunitas hijab. Perjalanan diawali dengan keberangkatan dengan Kereta Api (KA) Cirebon Ekspres dan pulang menggunakan KA Tegal Bahari.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Hamparan sawah yang terlihat dari Rumah Makan Klapa Manis yang berlokasi di Jalan Cirebon - Kuningan, Gronggong, Jawa Barat, Selasa (29/3/2016).
KA Cirebon Ekspres berangkat pada pukul 06.00 WIB dan tiba pukul 09.15 WIB. Destinasi pertama yang bisa dikunjungi adalah Keraton Kasepuhan yang berjarak sekitar lima kilometer dari Stasiun Cirebon.

Di Keraton Kasepuhan, wisatawan bisa melihat percampuran arsitektur berbagai budaya, mulai dari China, Eropa, dan Hindu. Seperti arsitektur Hindu yang dapat dilihat dari gapura dan juga desain ornamen dinding keraton yang menggunakan keramik Belanda dan beragam motif khas.

Selan itu, pengunjung juga bisa melihat koleksi benda-benda peninggalan kesultanan seperti kereta kesultanan, pedang, dan juga aneka benda kuno di Museum Benda Kuno dan juga Museum Kereta Singa Barong.

Menjelang siang, tentunya perut akan terasa lapar. Wisatawan bisa memilih tempat untuk menyantap makan siang seperti di Rumah Makan Klapa Manis yang terletak di Jalan Raya Cirebon - Kuningan, Gronggong, Jawa Barat.

Anda bisa menikmati aneka makanan seperti nasi bakar tongkol, nasi tutug oncom, nasi timbel polos, mie goreng, dan aneka hidangan lain sambil menikmati pemandangan hamparan sawah.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan berbelanja di Batik Trusmi Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/3/2016).
Nah, pergi ke obyek wisata dan menikmati kuliner tentu tak lupa untuk berbelanja oleh-oleh. Anda bisa pergi ke Batik Trusmi Cirebon di Jalan Syekh Datul Kahfi, Weru Lor, Plered, Cirebon. Dari Rumah Makan Klapa Manis, Batik Trusmi bisa ditempuh dengan jarak sekitar 14 kilometer.

Di sana, Anda bisa membeli aneka kain batik tulis maupun cetak, gamis, baju anak-anak, makanan seperti kerupuk melarat, kerupuk kulit, terasi udang, dan oleh-oleh lain. Harga oleh-oleh yang ditawarkan mulai dari Rp 7.500 - Rp 6.000.000.

Sudah selesai berwisata di Cirebon, saatnya untuk pulang. KA Tegal Bahari jurusan Tegal - Jakarta akan berangkat pada pukul 18.30 WIB. Pastikan Anda tiba di Stasiun Cirebon minimal pukul 18.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com