Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Kreativitas di Keppel Centre, Singapura

Kompas.com - 31/03/2016, 06:02 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Seekor beruang grizzly terlihat mengendarai skuter mengitari pohon besar di tengah hutan. Di sudut lain, ada monyet menuangkan teh sambil menyediakan kue di meja untuk ikan, burung, juga beruang hitam.

Berjalan sedikit menjauh dari sana, seekor kelinci mengenakan jas dan syal merah tengah mengayuh sepeda. Sementara di sekelilingnya terdapat pepohonan rindang.

Inilah wujud hutan ajaib bernama The Enchanted Tree House, kreasi seniman Sandra Lee yang berada di salah satu bagian Keppel Centre for Art Education, National Gallery Singapore. Lokasinya di 1 St. Andrew's Rd, Singapura.

Berangkat dari ide "memasuki sebuah lukisan", area bermain ini mengundang para penjelajah cilik mengeksplor hutan imajinatif, menjelajah labirin dan menyelamatkan diri dari sungai berbahaya.

Lee dengan cermat menuangkan isi buku bergambar menjadi sebuah wahana tiga dimensi yang mampu "menyihir" anak-anak. Selesai menggali imajinasi di hutan, anak-anak kemudian diundang mengasah kreativitas di galeri proyek bernama Home-a-Sapiens karya seniman Tan Wee Lit.

Beragam perkakas prakarya disediakan di meja kayu setengah lingkaran yang ada di ruang serba putih itu. Atmosfer futuristik begitu terasa dengan dekorasi yang unik.

KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANG Keppel Centre for Art Education, National Gallery Singapore
Ada miniatur rumah terbang yang berbahan kayu, rumah-rumah berbentuk balon udara, juga rumah di atas perahu menggantung di langit-langit.

Melangkah ke seberang, ada sebuah kamus visual karya Milenko Prvacki. Namun, bukan makna kata isinya, melainkan kamus tentang warna, tekstur, dan gambar.

Anak-anak, layaknya seniman-seniman cilik, diajak merasakan proses kreatif di balik karya seni. Mereka bisa melukis, membuat figur-figur dari kertas, sedotan, kancing, dan bahan-bahan lain.

Fasilitas yang berada di galeri yang beralamat di 1 Saint Andrew's Road, Singapura, tersebut memang khusus disediakan bagi para pengunjung cilik agar mereka bisa belajar sekaligus menikmati kebersamaan dengan seni.

Ini pun menjadi bagian akhir perburuan kreativitas di Keppel Centre for Art Education, National Gallery Singapore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com