Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Shower Climbing", Wisata Petualangan Selain Arung Jeram di Sukabumi

Kompas.com - 31/03/2016, 23:35 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain wisata arung jeram di Sungai Citarik, Sukabumi punya wisata petualangan lain yang tak kalah seru yakni menyusuri air terjun. Wisatawan bisa merasakan sensasi bertualang mendaki dan menelusuri air terjun tepatnya di area Buniayu.

Wisatawan akan mendaki di tengah derasnya salah satu air terjun sejauh dua kilometer dengan menggunakan perlengkapan layaknya penelusur goa. Total kurang lebih selama tiga jam lamanya wisatawan "bermain" di Air Terjun Dahlia.

Marketing Buniayu Adventure & Training Qonita Lillah mengatakan, wisata menelusur naik atau mendaki air terjun di tengah terpaan air tersebut dikenal dengan sebutan shower climbing. Wisatawan, lanjut dia, akan menemukan tingkat elevasi hingga mencapai 90 derajat di Air Terjun Dahlia.

"Pas ketemu sudut 90 derajat, naik pakai tangga. Ada dua kali naik tangga," kata Qonita kepada KompasTravel di sela-sela acara pameran wisata Deep & Extreme Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center, Kamis (31/3/2016).

Ia menambahkan, sebelum mulai menelusur air terjun, wisatawan akan berjalan kaki melewati hutan selama kurang lebih 20 menit. Di bagian-bagian batu air terjun, lanjut dia, telah dipasang pengaman-pengaman tebing atau hanger.

Harga paket wisata "Shower Climbing" ditawarkan oleh Buniayu Adventure & Training dengan harga Rp 435.000. Harga tersebut telah termasuk makan siang, makanan ringan, air mineral, minuman cokelat panas, pemandu wisata tersertifikasi Hikespi, tim rescue, asuransi, serta perlengkapan penelusuran air terjun seperti pelampung, helm, sepatu boot, wearpack, dan harness.

Presiden Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia, Cahyo Alkantana kepada KompasTravel mengatakan, kegiatan petualangan shower climbing sebenarnya adalah kegiatan bermain di air terjun yang sudah lama dilakukan di Indonesia.

"Branding shower climbing memang belum banyak yang pakai. Sebenarnya sudah banyak orang yang melakukan kegiatan petualangan itu tapi memang belum populer. Tapi sejauh ini banyak yang suka dengan shower climbing," jelasnya.

Dalam pameran Deep & Extreme Indonesia 2016 terdapat 120 stan dari berbagai perusahaan penyedia jasa, alat dan perlengkapan, pengelola destinasi, hingga komunitas selam dan petualangan.

Beberapa rangkaian acara di Deep & Extreme 2016 seperti workshop "Dive and Drone Filming", "Tips Video Dokumentasi Traveling", dan "Safety in Adventure Travel" juga bisa diikuti pengunjung.

Pengunjung yang ingin datang ke Deep & Extreme Indonesia 2016 dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang per hari atau Rp 60.000 per orang untuk empat hari. Pameran Deep & Extreme Indonesia 2016 digelar mulai tanggal 31 Maret hingga 3 April 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com