Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melintasi Batas Imajinasi Yogyakarta

Kompas.com - 04/04/2016, 15:32 WIB

PENDAKIAN kecil bisa dimulai di Nglanggeran. Anda akan melintasi batas segala imajinasi tentang Yogyakarta. Di ketinggian ini tidak ada lagi bayangan tentang keraton dan Malioboro atau kayuhan abang becak dan lesehan di kaki lima. Nglanggeran adalah magma yang membeku sejak 60 juta tahun silam.

Nglanggeran mencuat dari kedalaman bumi dan disusun oleh batuan beku andesit, lava, dan breksi andesit. Batu-batuan itu lalu menyerupai kubah dan membentuk lorong sempit serta cerukan-cerukan lembah yang curam.

Gunung api purba Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Cuma berjarak 25 kilometer dari Kota Yogyakarta. Menurut cerita, gunung api purba ini berasal dari gunung api dasar laut yang kemudian terangkat dan menjadi daratan.

Jika ingin sedikit memompa adrenalin dan melatih otot-otot kaki, Anda bisa memilih lokasi ini sebagai tujuan perjalanan berwisata.

Nglanggeran menggabungkan wisata dan petualangan. Jangan khawatir, jalur ini tidak seberat jalur pendakian gunung pada umumnya. Cuma butuh waktu kurang dari dua jam untuk sampai di puncak.

Pendakian pada akhir Maret lalu dimulai dari kelokan berdinding batu-batu besar. Para pengelola kawasan wisata ini, Kelompok Sadar Wisata Nglanggeran dan Taruna Purba Mandiri, telah membuat tangga-tangga dari batu.

Bahkan tanjakan-tanjakan dengan kemiringan 45 derajat telah pula dipasangi tangga kayu. Hanya ada 2-3 lokasi yang sedikit perlu kewaspadaan, terutama karena anak tangganya yang licin di musim gerimis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com