Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Lihat Ragam Budaya Baduy di Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 05/04/2016, 18:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baduy yang terletak tak jauh dari Jakarta kerap menjadi destinasi wisata pada akhir pekan yang siap meninggalkan kesan manis. Jika tak punya waktu untuk pergi ke Baduy, cobalah datang ke Bentara Budaya Jakarta mulai tanggal 6-10 April 2016.

Kompas.com bekerja sama dengan Bentara Budaya Jakarta menyelenggarakan acara yang bertajuk “Gerakan Rayakan Perbedaan Baduy Kembali”.

“Lewat acara ini kita akan dapat merasakan, menyentuh, mendengar suara hati Baduy. Kita diajak mengenal, mengalami Baduy dengan segala romantika dan problematika saudara-saudara kita itu. Diharapkan lewat acara ini kita akan semakin mencintai Baduy yang menjadikan Indonesia penuh warna dalam keberagamnnya,” ujar Frans Sartono selaku GM Bentara Budaya.

Ada berbagai acara mulai dari pameran seni budaya Baduy, konser musik “Membaca Baduy”, kolaborasi musisi modern dengan musisi Baduy, diskusi dengan sosiolog, antropolog, dan narasumber dari Baduy sendiri tentang Baduy lalu dan kini, serta pagelaran busana yang menghadirkan kain-kain tenun Baduy.

Selain acara-acara di Bentara Budaya Jakarta, ada cara-cara lain yang bisa mengingatkan pembaca dengan Baduy seperti kolaborasi bersama Kompasiana.com melalui kompetisi blog tentang budaya Baduy, serta penyajian konten informatif dan inspiratif melalui platform HTML 5 hasil kolaborasi Harian Kompas, Kompas.com, dan Kompas TV  melalui Visual Interaktif Kompas (VIK).

Andy Budiman selaku Director Group of Digital Kompas Gramedia menambahkan potret fenomena Baduy tersebut menjadi cermin bagi masyarakat.

"Dunia media yang meski sudah wajib mengikuti perkembangan teknologi namun tidak semata-mata hanya mengejar kecepatan, namun tetap berpegang pada akar jurnalistik yang dapat dipertanggung jawabkan dan terpercaya.”

Sebelum mengikuti rangkaian acara di atas, simak “Baduy Kembali” dalam format multimedia di http://vik.kompas.com/baduykembali (marcomm)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com