Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Dibuka, Pengunjung 'Indofest 2016' Sudah Membeludak!

Kompas.com - 06/04/2016, 14:30 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dibuka Rabu (6/4/2016) pukul 12.00 siang tadi antrean pengunjung Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2016 sudah memenuhi loket gerbang Istora Senayan, Jakarta, tempat berlangsungnya pameran tersebut. Indofest 2016 berlangsung mulai hari ini sampai Minggu (10/4/2016), dan digelar dengan skala lebih besar dari tahun lalu. 

Pameran dibuka secara resmi pukul 11.30 oleh Disyon Toba, Ketua COS Event, selaku penyelenggara, dihadiri oleh Deputi Pengembangan Bisnis dan Pemerintahan Kementerian Pariwisata, Tazbir, dan Asisten Deputi Bidang Industri Perdagangan Gubernur DKI, Sahat Parulian.

Tazbir mengatakan kegiatan seperti ini akan ikut meningkatkan jumlah wisatawan di sektor destinasi petualangan luar ruang atau alam bebas.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Pengunjung memadati Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2016, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2016). Pameran yang berlangsung hingga 10 April ini diramaikan oleh 150 stan, dengan 120 merek produk outdoor nasional maupun internasional yang berpartisipasi memberikan aneka promosi harga terbaiknya.
"Harapan saya, selain produk peralatan, destinasi wisata luar ruangnya juga makin banyak. Jadi, selain alat-alat bisnis destinasi outdoor, juga jalan-jalannya sehingga seimbang. Orang setelah membeli barang bisa dapat opsi wisatanya," ujar Tazbir saat membuka acara Indofest 2016.

Sementara itu, Dyson Toba, Ketua penyelenggara mengatakan telah mengantisipasi membeludaknya pengunjung seperti tahun lalu. Dirinya memprediksi sekitar 75.000 pengunjung akan hadir selama lima hari penyelenggaraan festival akbar ini.

"Kita sudah mengantisipasi membeludaknya pengunjung dengan meletakan brand-brand yang berpotensi penuh pembelinya untuk menempati tempat khusus di samping sehingga tidak mengganggu lalulintas pengunjung," ujar Dyson kepada KompasTravel setelah membuka acara.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Berbagai produk kegiatan luar ruang dipamerkan di Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2016, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2016). Pameran yang berlangsung hingga 10 April ini diramaikan oleh 150 stan, dengan 120 merek produk outdoor nasional maupun internasional yang berpartisipasi memberikan aneka promosi harga terbaiknya.
Persaingan dan diskon

Selain diramaikan oleh 150 stand pameran, ada 120 merek produk outdoor nasional maupun internasional yang berpartisipasi memberikan aneka promosi terbaiknya, termasuk beragam diskon. Pameran ini juga melibatkan komunitas kegiatan luar ruang, penyelenggara wisata petualangan, hingga dinas pariwisata.

Berbagai inovasi teknologi peralatan kegiatan alam bebas terbaru dari berbagai produsen pun akan dipamerkan di festival ini. Beberapa di antaranya adalah produk terbaru dari produsen lokal Boogie, yaitu tenda yang terbuat dari angin. Tenda tersebut sangat praktis dipakai untuk keperluan berkemah dalam waktu lama.

Selain produk baru, Dyson menambahkan ada diskon luar biasa dari produsen luar, misalnya Deuter. Walaupun hanya 40 persen, produsen tersebut merupakan produk terbaru dan memberi tawaran harga termurah saat ini di seluruh dunia, khusus untuk merek tersebut.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Pengunjung memadati Indonesia Outdoor Festival (Indofest) 2016, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2016). Pameran yang berlangsung hingga 10 April ini diramaikan oleh 150 stan, dengan 120 merek produk outdoor nasional maupun internasional yang berpartisipasi memberikan aneka promosi harga terbaiknya.
Boleh jadi, persaingan produk dalam dan luar negeri di pameran ini akan terlihat menarik dalam merangkul para penikmat aktifitas luar ruang. Pada Indofest 2016 ini sendiri ada lebih dari 35 brand lokal, yang mayoritas berasal dari Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Semarang, dan Solo.

Selain berbelanja, pengunjung juga bisa menikmati beragam kegiatan hingga tantangan petualangan yang ditawarkan panitia dan komunitas. Adapun daya tarik lain di pameran ini adalah talkshow, coaching clinics, dan demo kegiatan luar raung antara lain slackline, trial bike, wall climbing, hingga boomerang competition.

Setiap hari akan berlangsung acara talkshow di panggung utama Indofest 2016. Tema bincang-bincang itu mulai tips mendaki aman dan nyaman, menjaga tubuh tetap segar dan sehat selama perjalanan petualangan, dan cara mengelola perjalanan atau ekspedisi dengan baik, serta banyak lagi.

Pengunjung bisa datang mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dalam lima hari penyelenggaraan acara. Selama lima hari itu penyelenggara menargetkan jumlah pengunjung hingga 75.000 orang dan meraup target transaksi sebesar Rp 30 miliar. Pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000.

Baca: Banjir Diskon Hingga 70 Persen di "Indonesia Outdoor Festival"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com