Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah... Ada Kiatnya Memilih Ransel untuk Mendaki Gunung!

Kompas.com - 06/04/2016, 21:13 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu wisata petualangan, yakni mendaki gunung, bisa menjadi pilihan berlibur yang menyenangkan. Namun, tentu saja, mendaki gunung membutuhkan perlengkapan pendakian yang baik, seperti ransel untuk membawa bawaan sebagai bekal kenyamanan selama pendakian.

Demi kenyamanan itu, ada beberapa hal mesti diperhatikan sebelum membeli ransel. Marketing Eiger Kategori Mountaineering, Hendra Wiguna, kepada KompasTravel memberikan beberapa tips untuk memilih pembawa beban mendaki gunung tersebut.

Berapa lama mendaki?

Tentukan dulu lama pendakian gunung yang akan dilakukan. Lama pendakian akan menentukan kapasitas ransel yang dibutuhkan karena pengaruh barang-barang bekal pendakian yang akan dimasukkan ke dalam ransel.

Misalnya, lama pendakian tiga hari dan tujuh hari akan berbeda secara bekal pendakian. Selain itu, lama pendakian hingga tujuh hari akan membutuhkan kapasitas ransel lebih besar.

Ke mana akan mendaki?

Tujuan mendaki gunung juga sangat mempengaruhi pemilihan ransel. Misalnya, tujuan mendaki gunung ke wilayah tropis dan sub-tropis akan berbeda penggunaan ransel.

Ransel untuk di daerah tropis yang didominasi vegetasi hutan rapat akan membutuhkan bahan ransel kuat dan tak mudah sobek.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pendaki tengah melewati medan di awal pendakian Pos Camp David Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Minggu (21/2/2016) pagi. Medan yang dilalui didominasi oleh batuan beku dan belerang.
Bahan apa?

Pemilihan bahan ransel untuk naik gunung berpengaruh terhadap ketahanan saat digunakan mendaki gunung. Ada tiga bahan yang biasa digunakan untuk tas pendakian ini, yakni cordura, nylon, dan polyester.

Bahan cordura adalah bahan yang tebal dan kuat. Bahan ransel ini juga diakui dunia karena telah berlisensi perusahaan tekstil dari Perancis.

Aktivitasnya apa?

Memilih ransel juga bisa berdasarkan aktivitas yang akan dijalankan. Misalnya, kebutuhan ransel untuk mendaki gunung, panjat tebing, dan berkemah akan berbeda.

Fitur apa yang dimiliki?

Ransel memiliki beragam fitur yang akan membantu wisatawan saat mendaki gunung. Bermacam fitur tersebut, misalnya trekking pole holder, matras holder, side pocket untuk menaruh tempat minum atau matras, kompartemen tambahan, dan fitur-fitur lainnya. Fitur-fitur tersebut dapat membantu untuk membawa perlengkapan naik gunung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com