Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Promosi Wisata Nusa Utara, Pameran Foto Digelar

Kompas.com - 07/04/2016, 10:07 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Wilayah Nusa Utara yang meliputi tiga kabupaten paling Utara di Provinsi Sulawesi Utara, memiliki potensi wisata yang luar biasa. Potensi wisata tersebut terutama wisata alam.

Ketiga kabupaten itu adalah Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan kabupaten paling utara Indonesia, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Karena merupakan kabupaten kepulauan, sebagian besar wilayahnya merupakan laut dengan potensi wisata bahari yang melimpah, seperti pemandangan bawah laut, keindahan pulau-pulau dan garis pantai.

Bahkan di wilayah Nusa Utara terdapat gunung berapi bawah laut yang memiliki spot penyelaman yang tidak dapat ditemui di wilayah lain di Indonesia. Wilayah ini juga berlimpah pantai dengan pasir putihnya dan beberapa pantai dengan karakteristik unik.

Menyadari potensi wisata tersebut, sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) f/21 menggelar Pameran Foto. Pameran yang mengambil tagline Eksotisme Nusa Utara itu, digelar dari tanggal 4 April hingga 9 April 2016 di Manado.

"Wilayah itu sangat kaya dengan destinasi wisatanya. Sayang pemerintah daerah di sana belum menjadikan potensi wisata itu sebagai salah satu prioritas. Padahal kalau dikembangkan secara maksimal, ini bisa menjadi sumber pendapatan warga," ujar Koordinator Bidang Event dan Pameran Foto LPM f/21 Lukman Polimengo, Rabu (6/4/2016).

Menurut Lukman, pihaknya terpanggil untuk membantu mempromosikan potensi wisata di Nusa Utara itu agar diketahui khalayak umum. Dia berharap dengan pameran foto banyak orang tertarik untuk datang ke Nusa Utara.

"Tentu ini baik untuk pemerintah daerah di sana. Kami melaksanakan pameran ini dengan sukarela untuk membantu. Ini sudah pameran yang kedua mengenai Nusa Utara, dan sepenuhnya kami biaya sendiri," tambah Lukman.

Dia berharap pemerintah daerah di tiga kabupaten itu membenahi infrastruktur penunjang pariwisata, agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke sana. Sekitar 80 foto yang dipamerkan di pusat perbelanjaan di Manado itu memang memukau pengunjung.

Mereka pada umumnya terkesima saat melihat keindahan berbagai obyek wisata, misalnya Pantai Mahoro, Tapile, Manumpitaeng, Beo, Sawang dan berbagai pantai lainnya. Begitu pula dengan Pulau Ruang, Marampit, Kawaluso dan berbagai pulau-pulau indah.

Belum lagi puncak gunung api Karangetang yang terus mengeluarkan api. Puncak Pusunge yang bisa melihat kota Tahuna dan teluknya yang sangat indah.

Di samping obyek wisata alam, pameran foto itu juga memvisualkan berbagai atraksi budaya dan kearifan lokal di Nusa Utara. Jadi jika anda sedang berada di Manado, dan ingin mengetahui destinasi wisata di Nusa Utara, dapat mampir di pameran foto tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com