Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Tips Berburu Aneka Promo di "Travel Fair"

Kompas.com - 07/04/2016, 17:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran wisata tentu menggoda untuk dikunjungi. Namun sebelum berburu tiket atau paket wisata murah, simak dulu beberapa tips ini.

Travel fair alias pameran wisata semakin sering digelar. Akhir pekan ini misalnya, ada beberapa pameran seru yang layak dikunjungi. Destination Europe 2016 yang digelar di Balai Kartini, dan Puri Indah Mall Tour and Travel Fair adalah beberapa di antaranya.

(Baca: Siap-siap, Ada 5 Travel Fair Seru Akhir Pekan Ini)

Ini waktunya Anda berburu tiket maskapai dan paket wisata murah. Namun jika ingin kunjungan Anda ke travel fair efektif dan tidak sia-sia, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut daftarnya seperti dihimpun KompasTravel: 

1. Ketahui waktu digelarnya travel fair

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui waktu-waktu digelarnya travel fair. Putu Ayu Aristyadewi, Group VP Marketing & Communication Smailing Tour mengatakan, biasanya informasi datang dari travel agent peserta pameran.

"Info juga biasanya datang dari supporting bank dan kartu kreditnya, serta pihak maskapai. Bulan-bulan travel fair adalah Maret-Mei untuk musim liburan sekolah dan Lebaran. Kemudian ada September-Oktober untuk musim liburan akhir tahun," tambah Putu.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Pengunjung memadati Astindo Fair 2016 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu (26/3/2016). Pameran travel yang berlangsung hingga 27 Maret 2016 ini, menawarkan berbagai promo perjalanan wisata baik domestik ataupun luar negeri. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES
2. Datang lebih pagi pada hari pertama

Jika travel fair digelar pada hari kerja (biasanya bersinggungan dengan akhir pekan), alangkah baiknya Anda datang pada hari kerja. Datanglah pada hari pertama digelarnya pameran.

"Di hari pertama masih banyak seat available, juga bonus-bonus seperti cash back," tutur Putu. 

Alangkah baiknya jika Anda datang lebih pagi sehingga punya lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan tiket promo. Terlebih lagi, Anda akan terhindar dari keramaian pengunjung di akhir pekan.

3. Booking tiket langsung di travel agent

Tidak banyak yang tahu, Anda bisa booking tiket promo terlebih dahulu lewat travel agent peserta pameran. Jika pameran buka pukul 09.00, maka satu jam sebelumnya cobalah telepon kantor travel agent untuk booking tiket promo.

Dengan begitu, Anda tak perlu berdesak-desakan dengan ribuan pengunjung lainnya untuk mendapatkan tiket promo. Bahkan terkadang, tiket bisa langsung ditukar di cabang travel agent yang bersangkutan jika Anda tak sempat mampir ke travel fair.

4. Tentukan destinasi sebelum tiba di pameran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com