Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru! Mengirim Kartu Pos dari Dasar Laut Bali

Kompas.com - 09/04/2016, 09:40 WIB

KOMPAS.com - Petualangan baru Weekend Yuk minggu ini adalah  mengirim kartu pos  dari dasar laut dan menyusuri galeri patung  yang menjadi rumah bagi ikan-ikan lucu.

Spot menyelam kali ini adalah di Pantai Jemeluk, Amed, Karangasem, Bali. Kalau dari Denpasar, kita mengarah ke Timur Pulau Bali, sekitar 2,5 jam berkendara menuju pesisir Karangasem.

Sampai di kawasan Amed, tak perlu menyewa perahu untuk menuju tempat penyelaman  Pantai Jemeluk. Cukup menyusuri pantainya yang landai.

Kawan menyelam Weekend Yuk kali ini adalah Bali Fan Diving. Sebuah boutique fun diving yang digawangi oleh para instruktur diving profesional yang berpengalaman hampir belasan tahun.

ARSIP KOMPAS TV Karang bawah laut di Pantai Jemeluk, Amed, Karangasem, Bali.
Menyelam bersama mereka, kita hanya cukup membawa diri, sedangkan peralatan disediakan oleh Bali Fun Diving.

“Premium, atau budget atau luxury, totally costumed. Rasio dive master lebih kecil. Biasanya fun diver 4 banding 1.  Kalau kita 2 banding 1. Kita consider safety,” jelas Verly Vicentia, instruktur diving Bali Fun Diving.

Yang menarik dari penyelaman di Jemeluk, selain taman bawah lautnya yang memesona dengan aneka warna terumbu karang dan ikan-ikan lucunya, kita juga bisa menyusuri galeri patung beton yang ditanam oleh warga Amed dan didukung oleh Coral Reef Alliance. Sebuah lembaga konservasi yang berupaya menjaga kelestarian laut Amed.

Ada kurang lebih 7 patung  yaitu Abshara, Mermaid, Bola Dunia, Tikus, Barong, Hanoman, dan Kepala Bayi. Patung-patung ditanam secara betahap dengan harapan akan menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang dan rumah bagi anekragam ikan lucu dan penghuni laut lainnya.

ARSIP KOMPAS TV Satu dari tujuh patung yang terdapat dalam galeri di spot diving di Pantai Jemeluk, Amed, Karangasem, Bali.
Oh ya satu lagi yang tidak kalah menarik adalah sebuah kotak pos di dalam laut yang memungkinkan kita mengirim kartu pos dari dasar laut untuk orang-orang terkasih.

Kita bisa mendapatkan kartu pos kedap air ini dari Coral Reef Alliance. Harga kartu posnya Rp 10.000 saja.

Secara berkala, penyelam dari Coral Reef Alliance akan mengambil kartu tersebut dan kemudian mengirimkannya via kantor pos di Amed.

Tak hanya kartu pos ada juga gelang dan sejumlah suvenir lainnya yang hasil penjualannya untuk membantu pendanaan konservasi yang juga dilakukan oleh masyarakat setempat.

ARSIP KOMPAS TV Pantai Jemeluk di Karangasem, Bali.
Diving hanya satu dari sejumlah aktivitas wisata di Karangasem.  Saya sempatkan juga mampir ke Rumah Pohon yang terletak di Desa Batu Dawa, Tulamben, Karangasem.

Rumah pohon adalah sebuah kawasan wisata yang memiliki sejumlah rumah yang memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di area wisata tersebut.

Di dalamnya ada candi batu yang terbuat dari hasil kerukan tanah untuk dibuat pengairan, rumah-rumah kayu, kebun sayur dan buah juga hewan ternak dan peliharaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com