Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Tips Pelesir di Perancis untuk Mahasiswa...

Kompas.com - 11/04/2016, 06:20 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai destinasi dan kebudayaan Eropa dipromosikan masing-masing negara di Destination Europe 2016 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (9/4/2016). Tak terkecuali bidang pendidikan, salah satunya dipromosikan oleh Kedutaan Besar Perancis dalam pameran tersebut.

Kebudayaan dan destinasi wisata Perancis memang menjadi salah satu magnet bagi para pelajar untuk bersekolah di Perancis. Seperti yang diungkapkan Responsable Campus France Jakarta Editha, dalam talk show-nya di Destination Europe, Sabtu (9/4/2016).

"Salah satu magnet para mahasiswa memilih belajar di Perancis ialah keeksotisan budaya dan wisatanya," ujar Edhita.

Ia menambahkan mahasiswa Perancis memiliki situasi yang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, dipadati dengan tugas, dengan waktu liburan yang sempit dan budget terbatas harus bisa memanfaatkannya untuk liburan semaksimal mungkin.

Editha memberikan beberapa tips memilih waktu, alat transportasi, dan destinasi yang tepat untuk dinikmati oleh mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Perancis.

1. Waktu yang tepat

Edhita mengatakan tiga opsi waktu liburan yang tepat selain weekend, karena biasanya di weekend yang hanya dua hari, mahasiswa disibukkan oleh berbagai macam tugasnya.

Pertama, waktu liburan musim dingin. Biasanya jatuh di bulan November akhir, sampai dengan Desember awal. Di waktu ini biasanya para mahasiswa bisa wisata ke kota-kota yang eksotis, menyuguhkan bangunan-bangunan unik. Karena kondisi di wisata alam sendiri untuk orang Indonesia akan sulit beradaptasi.

KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Pemandangan Sungai Seine dan bus air di Paris, Perancis.
Kedua, liburan musim panas. Waktu libur ini jatuh pada bulan Juli hingga September, merupakan waktu liburan terlama dan Anda bisa menikmati segala hal di waktu ini.

Editha merekomendasikan waktu tersebut sebagai saat terbaik untuk melancong di Perancis, tapi harus direncanakan dari jauh hari karena akan berebut tiket dengan banyak wisatawan lainnya.

Ketiga, saat musim semi di akhir maret. "Memilih libur saat musim semi juga tak kalah mengasyikkan," ujar Editha.

Menurut Editha, pada pada musim semi ini, Anda bisa mengunjungi berbagai wisata alam yang menawarkan panorama terbaik.

2. Mode transportasi

Ada beberapa kemudahan yang diberikan oleh pemerintah untuk para pelajar, salah satunya diskon pada alat transportasi.

Pertama, pelajar atau mahasiswa bisa menggunakan kereta cepat. Perancis memiliki kereta tercepat di Eropa, kereta ini memberikan diskon 50 persen bagi pelajar untuk bepergian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com