Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambora Bike Camp Dimulai, Pesepeda "Gowes" Sambil "Camping" Sepanjang Pulau Sumbawa

Kompas.com - 14/04/2016, 08:13 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

SUMBAWA BARAT, KOMPAS.com - Sebanyak 51 peserta Tambora Bike Camp dilepas untuk menjajal Pulau Sumbawa dari Kantor Bupati Sumbawa Barat, Kamis (14/4/2016) pagi. Pelepasan pesepeda dilakukan oleh Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo.

Para peserta memulai perjalanan mereka tepat pukul 07.40 WITA dengan membawa sepeda mereka yang telah dibalut dan dimodifikasi dengan sejumlah barang bawaan mereka masing-masing.

Ajang Tambora Bike Camp memiliki konsep yang berbeda dengan kegiatan pesepeda sebelum-sebelumnya. Dalam Tambora Bike Camp, setiap pesepeda diwajibkan membawa perlengkapannya sendiri di sepedanya masing-masing, sehingga saat gowes, mereka merasakan beban yang lebih berat ketimbang bersepeda biasanya.

"Tantangannya ya sepeda saya jadi lebih berat saja. Buat nanjak, manuver, agak berat," kata salah satu peserta asal Kuala Lumpur, Malaysia, Khushairi Muhammad (48).

Dari pantauan KompasTravel di lokasi, para pesepeda memodifikasi barang bawaannya di bagian roda belakang, besi bagian tengah, hingga roda depannya. Barang bawaan dalam bentuk tas rata-rata memiliki berat 2,5 kilogram.

Selain itu, di atas roda belakang, diletakkan tenda dan matras yang telah digulung rapi dan diikat kencang. Satu pesepeda bisa membawa beban hingga enam sampai tujuh kilogram.

Para pesepeda akan melalui tiga etape dan menginap di tenda yang telah dibawa masing-masing, yakni etape satu Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat hingga ke Desa Luk, Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa Besar.

Etape dua dari Desa Luk menuju Pulau Moyo dan etape tiga dari Pulau Moyo ke Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, sebagai titik finis Tambora Bike Camp. Dengan begitu, mereka akan berkemah selama dua malam sebelum sampai di garis finish.

Total perjalanan yang akan dilalui adalah 162 kilogram. Dari total pesepeda yang berpartisipasi, ada empat pasangan suami-istri yang ikut serta. Tambora Bike Camp merupakan salah satu dari rangkaian Festival Pesona Tambora 2016. Adapun ajang lain yang telah digelar adalah lomba lari ultra Lintas Sumbawa 320K yang telah dimulai sejak Rabu (13/4/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com