Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Pesisir Selatan?

Kompas.com - 20/04/2016, 16:08 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

PAINAN, KOMPAS.com – Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat menyuguhkan banyak alternatif wisata, di antaranya Pantai Carocok Painan, kawasan Mandeh, Pulau Cingkuak, Bukit Langkisau, dan masih banyak lagi. Banyaknya pilihan tersebut, tentu dapat menjadikan pilihan yang tepat untuk mengisi akhir pekan Anda.

Untuk menikmatinya tentu perlu waktu terbaik berlibur ke Pesisir Selatan. Dengan perhitungan yang matang, wisatawan akan dapat menikmati berbagai pengalaman terbaik saat menjelajahi pesona wisata Pesisir Selatan tersebut.

Kepala Bidang Kepariwisataan, Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Armaini mengatakan, hal utama yang perlu dipertimbangkan ialah cuaca dan agenda kegiatan menariknya.

“Berhubung Pesisir Selatan didominasi kawasan wisata maritim, maka harus memperhatikan cuaca,” ujar Armaini kepada KompasTravel, saat persiapan Festival Langkisau 2016, Kamis (14/4/2016).

Waktu yang tepat

Menurut Armaini, menghindari musim hujan adalah pilihan yang terbaik. Di kawasan wisata maritim yang mendominasi Pesisir Selatan, jika terjadi hujan sangat besar dikhawatirkan disusul oleh badai.

Ketika hujan besar, ombak pun akan menjadi tinggi dan berbahaya bagi wisatawan yang sedang menikmati keindahan laut Pesisir Selatan.

Ia menambahkan, selain karena didominasi oleh wisata maritim, beberapa atraksi wisata di Pesisir Selatan pun sensitif terhadap musim hujan yang lebat. Seperti paralayang di Bukit Langkisau hanya dapat dicoba jika cuaca cerah, karena berkaitan dengan keselamatan.

“Kalau musim hujan deras tidak bisa diving karena air rada keruh. Air hujan yang turun dari perbukitan sekitar Mandeh masuk langsung ke laut. Terutama saat musim hujan pada Februari dan Maret,” ujar Armaini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com