Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2016, 17:04 WIB
M Latief

Penulis

CIKARANG, KOMPAS.com - Kegiatan tahunan 'Japan Week dan Festival Sakura Matsuri' kembali digelar tahun ini di Orange County, Lippo Cikarang. Japan Week akan berlangsung mulai 23 April sampai 1 Mei 2016, sedangkan Sakura Matsuri pada 30 April hingga 1 Mei 2016). 

Kegiatan digelar oleh Lippo Group, melalui anak usahanya PT Lippo Cikarang Tbk, tersebut bekerjasama dengan Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) dan didukung penuh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Japan Foundation, dan beberapa institusi Jepang lainnya. Acara tersebut dilaksanakan untuk memfasilitasi komunitas ekspatriat, khususnya asal Jepang, yang jumlahnya sangat besar di kawasan industri Cikarang.

"Bukan sekadar hiburan, tapi kami juga berharap kedua pihak dapat menggali sekaligus mengembangkan potensi kerjasama di berbagai sektor, mulai industri, pariwisata maupun properti," ujar Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Toto Bartholomeus, Kamis (21/4/2016).

Saat ini, di Orange County Lippo telah beroperasi Hikari Japanese School yang merupakan sarana pendidikan bagi anak-anak ekspatriat Jepang. Ke depan, lanjut Toto, akan terbuka kemungkinan untuk warga di Cikarang dan sekitarnya untuk belajar tentang budaya dan bahasa Jepang di sekolah itu.

Tahun ini Japan Week akan menghadirkan berbagai aktifitas, seperti penampilan Saung Angklung Mang Udjo, Cosplay Festival, Kamishibai Story Telling, Batik Class for Expatriates, dan Manga Class. Adapun kompetisi yang digelar di kegiatan ini meliputi Mascoot Design, Selfie Photo & Repost & Share Japan Week, Umbrella Painting, dan Sushi Making.
 
Sementara itu, Sakura Matsuri akan diramaikan dengan Japan Culture Corner, Japanese Bazaar, Miss Sakura Competition, Japanese Karaoke & Japanese Speech Competition, dan Cosplay Competition. Sejumlah bintang tamu, antara lain JKT 48, Yumi Akimoto, Lumina Scarlet, RenAi, dan lain-lainnya akan meramaikan acara ini.

"Ini akan jadi kesempatan bagi masyarakat menikmati keindahan bunga Sakura yang mekar pada saat itu. Kami juga berupaya menghadirkan suasana yang sama dalam Festival Sakura Matsuri di Orange County ini," timpal Stanley Ang, Director & Chief Marketing Officer Lippo Cikarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com