Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan Ini Kembali Berburu Durian, Asyik...

Kompas.com - 23/04/2016, 09:06 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesta durian kembali digelar di Jakarta. Kali ini bertajuk “Durian Fiesta” yang diselenggarakan Sabtu, 23 April hingga 1 Mei 2016. Durian Fiesta akan memanjakan maniak durian nusantara dengan lebih dari 20 jenis durian lokal unggulan.

Durian Fiesta digelar di Plaza Semanggi, tepatnya di pelataran lobi utara mal tersebut. Dibuka pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 21.00 setiap harinya. Selain bazar durian, pengunjung pun akan disuguhkan berbagai sesi acara yaitu bazar makanan serba dari durian, bursa bibit tanaman, dan parade buah unik.

Durian Fiesta kali ini kembali menyuguhkan berbagai macam jenis durian dari berbagai kota yang sudah tersohor sebagai penghasil durian. Di antaranya durian asal Wonosobo, Magelang, Semarang, Banjarnegara dan Rancamaya Bogor. Harga yang dipatok dalam acara ini mulai dari Rp 75.000 tiap satu kilogram untuk buah durian unggul. 

Lebih dari 30 stan berisikan berbagai jenis durian lokal unggulan, makanan serba berbahan durian, bibit tanaman unggul, buku-buku tentang durian dan pertanian, hingga menjual buah-buahan unik.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Durian kumbokarno berasal dari Magelang, tepatnya Desa Candi Mulyo.
Durian unggul yang sudah dipastikan tersedia dalam acara tersebut ialah durian dengan rasa manis legit seperti durian dilla, jambon, si pandan dan kitri. Durian manis pulen seperti durian surti, ketan, dan loji. Durian biji kempis seperti durian kempis, lenger, dan hepe.

Durian manis pahit seperti durian tumbu, minakjinggo, dan merica. Durian jumbo berdaging tebal seperti durian kumbokarno, monti, dan oyong.

Tak hanya durian tapi bibit dan aneka olahan pun disuguhkan bagi penggemar kuliner durian yang dinamai zona 'Serdadu' (Serba Serbi Durian). Di zona serdadu pengunjung dapat membeli mulai dari es krim, sop durian, es dawet durian, pancake, dadar gulung, soes, keripik, dodol dan durian cup.

Berdasarkan acara-acara durian yang diadakan sebelumnya, Kiki selaku Event Marketing dari Durian Fiesta 2016 mengatakan mayoritas pengunjung berbelanja di acara bazar durian Rp 500.000 di satu stan. Dari hasil evaluasi tersebut panitia memberikan hadiah bagi pengunjung di acara kali ini.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Pengunjung Pesta Durian di pelataran Mal Artha Gading, Jakarta Utara, Minggu (3/4/2016). Panitia menyediakan berbagai jenis durian unggul dari 14 daerah di Indonesia.
“Khusus kali ini, bagi pembeli yang membali durian jenis apa pun lebih dari Rp 1 juta mendapat berbagai suvenir menarik dari kita, seperti kaos,” ujar Kiki kepada KompasTravel, Jumat (22/4/2016).

“Harapannya acara tersebut bisa menjadi ajang berkumpulnya para penikmat durian Nusantara sekaligus sebagai jendela penyebaran informasi dan peningkatan kesadaran masyarakat akan kekayaan buah durian unggul Indonesia,” kata Diah Iswari, Ketua Pelaksana Durian Fair 2016, dalam rilis yang diberikan.

Oleh karena itu, lanjut Diah, pihaknya bekerja sama dengan Taman Buah Mekarsari, untuk memboyong berbagai buah unik seperti jambu biji super merah, sawo hitam, jeruk nipis besar, bernuk, kimakala, gayam, dan yang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com