Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Durian, Berbagai Buah Unik Juga Dapat Dibeli di Durian Fiesta

Kompas.com - 23/04/2016, 22:08 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Durian Fiesta 2016 yang berlangsung Sabtu, 23 April hingga 1 Mei 2016 di Plaza Semanggi tak hanya menawarkan durian. Kali ini pesta durian tersebut juga menyajikan berbagai buah unik dari Taman Buah Mekarsari.

Lebih dari 30 stan berisikan berbagai jenis durian lokal unggulan, makanan serba berbahan durian, bibit tanaman unggul, buku-buku tentang durian dan pertanian, hingga menjual buah-buahan unik. Di antaranya pisang seribu, maja, sirsak rawa, jeruk nipis jumbo, lontar, jambu biji super merah, kola, sawo hitam dan yang lainnya.

Berbagai buah tersebut disediakan di stan Taman Buah Mekarsari. Pengunjung dapat melihat, mencobanya, dan membeli beberapa buah yang diperbolehkan.

Salah satu buah nasional yang sangat unik ialah pisang seribu, bernama latin musa chiliocarpa memiliki buah ratusan hingga ribuan dalam satu pohon. Sehingga panjang tangkainya mencapai dua meter dari pangkal hingga jantung pohonnya.

Selain itu terdapat sawo raksasa pouteria sapota, berukuran panjang 20 sentimeter dan lebar 10 sentimeter, berbentuk seperti pepaya kecil.

Sementara buah beberapa buah yang dapat dibeli pengunjung ialah abiu, dan bisbul. Abiu merupakan sawo Australia yang rasanya lebih manis dan lembut. Memiliki isi daging yang berwarna putih, teksturnya lembut sehingga tidak berpasir seperti sawo pada umumnya.

KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu buah unik yang dapat dibeli di Durian Fiesta, Plaza Semanggi, Sabtu (23/4/2016), yaitu abiu, biasa disebut sawo Australia yang memiliki isi putih dan lembut.
Selain itu di stan tersebut, pengunjung mendapat penjelasan tentang berbagai buah tersebut. Yanu, Marketing Komunikasi Taman Buah Mekarsari mengatakan, selain mempromosikan wisatanya, stan tersebut juga bertugas mengenalkan berbagai buah tersebut kepada pengunjung.

"Kita kenalkan, dan jelaskan macam-macam buah ini. Banyak yang unik-unik bisa ditanam di Indonesia, baik endemik maupun rekayasa genetik," ujar Yanu keada KompasTravel dalam acara Durian Fiesta 2016, Sabtu (23/4/2016).

Pengunjung pun dapat membeli tiket promo wisata Taman Buah di stan tersebut. Yanu menawarkan promo tiket wisata all in Rp 85.000. Tiket all in tersebut sudah termasuk fasilitas tiket masuk, kereta keliling, pogo show, green line tour, perahu naga, dan diskon pembelian bibit buah serta suvenir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com