Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei ke Gorontalo, Ada Festival Pesona Benteng Otanaha

Kompas.com - 24/04/2016, 09:21 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Gorontalo siap menggelar Festival Pesona Benteng Otanaha pada Mei 2016 untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, di Gorontalo, Jumat (22/4/2016), mengatakan festival tersebut bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan ke benteng bersejarah yang terletak di Kelurahan Dembe Kecamatan Kota Barat.

Selain itu, juga untuk menarik investor masuk dan berkecimpung mengelola usaha peningkatan pelayanan terhadap wisatawan.

"Kota Gorontalo tidak punya banyak obyek wisata alam, sehingga kami mengandalkan wisata budaya dan sejarah dengan menggelar kegiatan nasional di situs cagar budaya itu," katanya pula.

Menurutnya pengembangan pariwisata bukan hanya tugas pemda, tetapi membutuhkan peran besar pihak swasta agar lebih profesional dalam mengelola suatu obyek wisata.

"Peran pemerintah cukup 30 persen saja. Kalau lebih dari itu maka bisa jadi pemerintahnya gagal mendorong swasta untuk menggerakkan sektor pariwisata," katanya lagi.

Beberapa kegiatan yang akan mengisi festival tersebut adalah karnaval budaya, pameran kuliner, lomba foto, dan "cross country".

Festival Pesona Otanaha merupakan satu dari delapan agenda dalam kalender pariwisata yang diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Pemprov Gorontalo di Jakarta beberapa waktu lalu.

Benteng Otanaha merupakan benteng yang dibangun Raja Ilato pada tahun 1512 hingga 1525 Masehi.

Pembangunan benteng tersebut didasari prakarsa adanya kapal-kapal Portugis yang singgah di Pelabuhan Gorontalo.

Bangunan benteng terbuat dari pasir gunung, batu karang, dan diduga juga menggunakan putih telur burung Maleo sebagai perekat pengganti semen. (Antara/Debby Mano)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com