Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2016, 10:19 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Sriwijaya Air akan membuka rute baru yakni Jakarta-Silangit (Sumatera Utara), Surabaya-Berau (Kalimantan Timur) dan Denpasar-Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) mulai 26 April 2016.

"Ketiga rute penerbangan baru itu akan dilayani dengan pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas 120 tempat duduk," ujar Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air, Agus Soedjono, kepada wartawan di Surabaya, Selasa (19/4/2016).

Menurut dia, pemilihan rute tersebut juga sebagai bagian dari dukungan terhadap program Kementerian Pariwisata yang telah mengeluarkan kebijakan 10 prioritas daerah tujuan wisata di Tanah Air.

Salah satunya di Bandara Silangit yang terkenal keindahan Danau Toba dan menjadi salah satu destinasi yang paling banyak menyedot wisatawan sehingga berpengaruh signifikan terhadap perekonomian.

"Ketika pariwisata berkembang maka bisnis penerbangan juga dipastikan berkembang," ucapnya.

Sedangkan, untuk rute Denpasar-Labuan Bajo (PP) akan dilayani oleh NAM Air, unit usaha Sriwijaya Air yang dilakukan dari Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Komodo, di Labuan Bajo.

Penerbangannya, kata dia, sehari sekali dan dijadwalkan pukul 13.30 WITA dari Bandara Ngurah Rai dan tiba di Bandara Komodo pukul 14.25 WITA, kemudian sebaliknya dari Bandara Komodo pukul 15.00 WITA dan tiba di Bandara Ngurah Rai pukul 15.50 WITA.

Sementara itu, District Manager Sriwijaya Air Surabaya Hendrik Ardiansah menjelaskan saat ini rata-rata tingkat keterisian penumpang maskapai yang mulai beroperasi pada 2003 itu sekitar 87 persen.

Dari sekian banyak rute, lanjut dia, rute yang berkontribusi besar terhadap pendapatan di antaranya Jakarta-Malang, Jakarta-Pontianak dan Jakarta- Tanjung Pandan.

Saat ini, Sriwijaya Air memiliki 46 pesawat jenis Boeing 737-900ER, 737-800NG, 737-300 dan 737-500. (Antara/Fiqih Arfani)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com