Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Lampu Kabin Pesawat Mati Saat Lepas Landas dan Mendarat

Kompas.com - 26/04/2016, 07:48 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah hal yang lazim diketahui bahwa ketika pesawat akan lepas landas maupun mendarat, lampu di dalam kabin pesawat akan dimatikan. Apakah alasan di balik hal itu?

Pengamat penerbangan Chappy Hakim menyebutkan tindakan tersebut adalah bagian dari standar keamanan saat terbang dengan pesawat udara. Hal itu akan mempermudah evakuasi penumpang jika pesawat mengalami keadaan darurat.

"Itu berguna untuk membantu penumpang untuk keluar jika pesawat dalam keadaan darurat. Setelah lampu dimatikan, kan otomatis petunjuk jalan (untuk evakuasi) yang ada di lantai kabin akan terlihat," jelas Chappy saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Senin (25/4/2016).

Ia mengatakan, jika lampu kabin tetap dinyalakan dan pesawat mengalami keadaan darurat, maka penumpang akan kesulitan untuk melihat situasi yang ada di sekitar pesawat. Penumpang juga akan tidak bisa mengetahui keadaan yang ada di luar pesawat.

"Jadi saat pesawat dalam keadaan darurat, penumpang bisa mengetahui jalan keluar menuju pintu darurat," ungkapnya.

Mata penumpang pun sudah terbiasa dengan kondisi gelap dan bisa mengenali kondisi sekitar pesawat, terutama jika penerbangan dilakukan di malam hari. Pada saat fase kritis, awak kabin juga akan menginstruksikan penumpang untuk membuka penutup kaca jendela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com