Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertamu ke Rumah Ahok Masa Kecil

Kompas.com - 27/04/2016, 10:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com – Di tengah hiruk pikuk pemberitaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok, cobalah berkunjung ke rumah masa kecil Ahok di Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rumah yang kini berarsitektur modern ini, siap mengantarkan wisatawan ke dalam kehidupan Ahok masa kecil.

Tampak luar, bangunan tersebut didominasi warna putih dengan pintu berwarna coklat setinggi kurang lebih 2 meter. Rumah yang masih ditinggali oleh ibu Ahok ini memiliki lantai bertingkat.

Saat memasuki area halaman rumah, paving-paving blok terlihat berjajar rapi dengan aneka tanaman bunga dan buah sehingga menimbulkan kesan asri. Di bagian belakang rumah, terdapat penginapan yang dikelola oleh keluarga Ahok.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Tampak depan kediaman sejak kecil Basuki Tjahja Purnama yang kerap disapa Ahok, yang berlokasi di Desa Gantong, Kecamatan Gantong, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.
Bulan lalu, KompasTravel berkesempatan untuk menjelajahi sudut-sudut rumah Ahok yang memiliki kenangan sendiri bagi Ahok. Beranjak masuk ke dalam rumah, puluhan bingkai foto keluarga saudara-saudara Ahok bahkan hingga foto bersama Presiden RI Joko Widodo terpampang di dinding.

Saat itu Basuri Tjahaja Purnama, adik Ahok, yang turut menemani KompasTravel mengatakan, semua orang ingin tahu rumah tempat Ahok dibesarkan. Kini, tempat Ahok dibesarkan yakni di Desa Gantong pun ramai dikunjungi wisatawan.

“Kita terbuka untuk wisatawan. Sekarang semakin banyak yang datang ke rumah Ahok,” jelas Basuri saat itu.

Di ruang tengah yang ada di lantai dasar, terdapat satu set sofa berwarna merah marun dengan televisi layar datar yang menjadi tempat berkumpul keluarga. Di dekat sofa, sebuah bar mini dengan pajangan botol-botol minuman.

Suasana rumah Ahok kala itu sepi. Ditambah pula dengan kondisi Desa Gantong yang tak terlalu ramai dilalui kendaraan bermotor.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Di dalam rumah Ahok di terpampang bingkai-bingkai foto keluarga Ahok, Basuri, hingga Presiden Joko Widodo.
Tepat di seberang rumah Ahok terdapat rumah panggung kayu berwarna coklat tua. Dulunya, rumah Ahok memiliki bentuk yang sama dengan rumah panggung tersebut. Namun kini, rumah Ahok telah berubah menjadi rumah modern dari batu bata dan berlantai keramik.

Menurut ibu Ahok, Buniarti Ningsih (70), ia telah menempati rumah tersebut sejak menikah pada tahun 1965.

“Rumah ini telah direnovasi tiga kali. Terakhir direnovasi menjadi modern tahun 2009. Dulunya seperti rumah panggung yang ada di depan,” ungkap Buniarti.

Buniarti menceritakan di rumah yang ditempati saat ini adalah tempat seluruh anaknya tinggal yakni Basuki, Basuri, Harry Basuki, dan Fifi Letty Tjahaja Purnama.

“Kalau bisa berkumpul lengkap, ya pas Tahun Baru Imlek dan Tahun Baru. Ya, kalau kumpul agendanya makan-makan di rumah,” jelasnya.

Jika ingin melancong ke rumah Ahok, alamatnya berada di Jalan KA Bujang Nomor 22 Desa Gantong, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur. Pengunjung baru bisa masuk ke dalam jika Basuri sedang berada di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com