Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romansa Senja di Pojok Beteng Wetan

Kompas.com - 27/04/2016, 20:05 WIB
Kontributor Travel, Adhika Pertiwi

Penulis

TAK salah jika Yogyakarta yang dipilih sebagai salah satu kota untuk lokasi syuting Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2) selain kota Jakarta dan New York. Sisi romantisme suasana di Kota Gudeg ini mudah didapatkan di tempat-tempat peninggalan budaya zaman dahulu kala.

Pada bulan November 2015 lalu, Mira Lesmana selaku produser AADC 2 mengunggah foto proses syuting di salah satu bagian benteng Keraton Yogyakarta melalui akun twitter @MirLes.

Di foto tersebut tampak pemeran utama pria film ini, Nicholas Saputra, berdiri di salah satu tembok benteng dengan latar langit senja.

(BACA: Klinik Kopi, Ngopi Santai di Lokasi "Shooting" AADC? 2)

Kompleks Keraton Yogyakarta sebagai sebuah kerajaan dikelilingi oleh benteng pelindung yang kokoh bernama Benteng Baluwerti.

Konon, benteng ini dulunya berdiri kokoh dengan lebar sekitar 3 meter yang mengelilingi di empat sisi keraton. Namun banyaknya bangunan rumah warga membuat tembok benteng tidak lagi terlihat kecuali di satu sisi.

Benteng itu juga memiliki empat sudut bastion yang dulunya digunakan untuk mengintai musuh dan menjadi lokasi pertahanan untuk menembakkan senjata ke musuh.

Sayangnya, bastion atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pojok Beteng ini hanya tersisa tiga sudut.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Bangunan pengintai berbentuk kubah yang ada di area Pojok Beteng maupun area Plengkung Gading di Benteng Baluwerti, Yogyakarta.
Di antara ketiganya, dua sudut yaitu Pojok Beteng Kulon di sisi barat dan Pojok Beteng Wetan di sisi timur merupakan lokasi yang cukup populer bagi wisatawan. Keduanya juga sering menjadi lokasi untuk syuting film maupun FTV.

Salah satu Pojok Beteng itu menjadi lokasi pilihan untuk syuting AADC 2. Pada hari biasa, terutama saat sore hari, banyak anak muda atau komunitas yang berkumpul di Pojok Beteng Wetan untuk menikmati indahnya langit senja.

“Saya sering main ke sini kalau sore. Dulu sih sempet denger kalau dipakai untuk syuting. Kebetulan Jokteng Wetan ini lebih bersih dan terawat di banding pojok beteng lainnya karena adanya CCTV, makanya sering dipakai untuk acara komunitas atau untuk syuting,” ujar Billy Wob, salah seorang pengunjung yang ditemui KompasTravel, Sabtu (9/4/2016).

Pojok Beteng Wetan ini merupakan area persegi dengan tinggi sekitar 5 meter, di dalamnya terdapat tiga ruang pengintaian berbentuk kubah yang terlihat sangat kokoh.

Di dalamnya juga terdapat sebuah bangunan yang dulunya digunakan sebagai gudang mesiu. Selain itu juga terdapat area seperti parit yang mengelilingi lokasi tempat prajurit biasa berdiri, pengunjung bisa turun ke parit ini melalui tangga yang tersedia.

Lokasi Jokteng Wetan ini terletak di sudut jalan antara Jalan Brigjen Katamso – Jalan Prangtritis – Jalan Mayjend Sutoyo.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Parit sedalam kurang lebih 4 meter di dalam Jokteng Wetan yang menjadi area pilihan untuk lokasi syuting beberapa film pendek di Benteng Baluwerti, Yogyakarta.
Bagi wisatawan yang ingin memasuki area bisa melewati bagian dalam komplek keraton, masuk melalui gapura bernama Plengkung Gading ke arah Timur.

Saat berkunjung ke lokasi yang lebih akrab disapa Jokteng Wetan oleh masyarakat Yogyakarta ini, Anda tidak akan dipungut biaya apa pun.

Anda juga bisa menuju ke Pojok Beteng Wetan melalui jalan tembus di atas benteng dari Plengkung Gading. Plengkung Gading ini juga menjadi salah satu lokasi Dian Sastrowardoyo dan Ardina Wirasti berolahraga pagi lho saat break syuting AADC 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com