Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Vulkanik, Wisatawan Masih Dilarang Mendekati Kawah Bromo

Kompas.com - 28/04/2016, 11:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca aktivitas kegempaan Gunung Bromo, wisatawan masih diminta tidak memasuki kawasan wisata kawah Bromo. Kondisi Gunung Bromo masih dipastikan berstatus waspada.

Hal itu ditetapkan oleh Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam laporan aktivitas kegempaan Gunung Bromo kepada KompasTravel, Rabu (27/4/2016). Ia menyebutkan dalam laporan Gunung Bromo masih terdengar suara gemuruh dengan kekuatan lemah hingga kuat.

"Dalam status waspada masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo," jelas Sutopo dalam laporan pantauan Gunung Bromo, Rabu (26/4/2016).

Gunung Bromo masih teramati mengeluarkan asap kawah berwarna putih kelabu kecoklatan dengan ketebalan tipis hingga tebal. Sementara tinggi asap berkisar 600-900 meter dari puncak kawah.

Informasi dari BNPB menyebutkan, angin  tenang dan suhu berkisar 9-10 derajat. Tremor pun masih terjadi dengan amplitudo maksimal 10-26 milimeter, dominan 2 milimeter.

Dalam catatan Kompas.com, aktivitas vulkanik Gunung Bromo mengalami peningkatan sejak 30 Oktober 2015. Gunung Bromo kembali mengalami fluktuasi kegempaan sejak Jumat (4/12/2015) hingga menyebabkan status Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dinaikkan dari level Waspada menjadi Siaga.

Dampaknya, kegiatan wisata di Bromo resmi ditutup dan wisatawan pun dilarang mendekat ke kawah Gunung Bromo dan ditetapkan radius aman hingga 2,5 kilometer. Bahkan, aktivitas Gunung Bromo yang mengeluarkan abu vulkanik juga menyebabkan Bandara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, sempat ditutup pada Minggu (10/4/2016) sekitar pukul 13.30 WIB.

Gunung Bromo terletak di Jawa Timur dan berada dalam empat kabupaten yakni Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Malang, dan Probolinggo. Gunung Bromo yang dikenal sebagai obyek wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Tengger Semeru ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com