Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama ke "Travel Fair"? Simak Tips Berikut

Kompas.com - 28/04/2016, 20:16 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran wisata bisa jadi tempat berburu aneka kebutuhan wisata dengan harga mulai dari paket wisata, perlengkapan wisata, hingga tiket pesawat.

Ardita Dwi Anggreini (25) teringat dengan pengalaman pertamanya pergi ke pameran wisata pada tahun 2014. Kala itu, ia pergi ke pameran Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) untuk mencari paket wisata serta tiket penerbangan.

"Waktu itu tahu dari media sosial ada GATF. Datang di hari pertama sore jam 17.30 sama empat orang teman. Saya keliling-keliling cari informasi lewat brosur dan teman antre di stan travel agent karena ramai banget. Jadi bisa dapat informasi semua," kata Ardita.

Jika dalam waktu dekat Anda berniat berkunjung ke sebuah travel fair atau pameran wisata seperti Ardita, berikut beberapa panduan, terutama jika Anda baru kali pertama datang ke travel fair.

Sebelum datang, perbanyak informasi

Sebelum Anda datang ke pameran wisata, pastikan Anda mengetahui pameran wisata yang Anda ingin kunjungi.

Informasi bisa datang dari mana saja seperti agen perjalanan peserta pameran, rekan-rekan, media sosial, media massa baik tercetak maupun online, dan juga bank yang menjadi rekan dalam penyelenggaraan tersebut.

Selain itu, Anda bisa mencari informasi promo-promo lewat situs resmi maskapai penerbangan dan agen perjalanan yang berpartisipasi dalam pameran wisata.

Pastikan Anda ketahui jelas alamat penyelenggaraan, tanggal penyelenggaraan, para pengisi pameran, harga tiket masuk, dan juga jam buka serta tutup pameran.

Datang di hari pertama

Cobalah datang pada hari pertama. Biasanya hari pertama pameran wisata jatuh pada hari kerja misalnya hari Jumat. Umumnya di hari pertama, pengunjung belum terlalu ramai dan promo yang diberikan masih banyak.

Datang bersama teman

Datang bersama teman juga bisa menjadi pilihan untuk mengunjungi pameran wisata. Anda bisa berbagi tugas untuk mencari informasi wisata yang dibutuhkan. Rekan Anda berkeliling untuk mencari informasi dalam bentuk brosur.

Booking terlebih dahulu

Jika Anda sudah tahu hendak ke mana dan kapan, ada baiknya booking terlebih dahulu lewat agen perjalanan peserta pameran. Dengan begitu, Anda mengurangi waktu mengantre untuk mendapatkan tiket promo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com