Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Dapatkan Tiket Diskon Tanpa Antre Lama di "Travel Fair"

Kompas.com - 28/04/2016, 23:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket pesawat adalah salah satu produk yang biasa ditawarkan dalam pameran wisata. Promo-promo yang diberikan kepada pengunjung mulai dari diskon hingga cash back.

Tak heran, sering kali pengunjung yang datang ke travel fair atau pameran wisata begitu membeludak hingga membuat antrean panjang. Jika kurang beruntung, Anda bisa tak mendapatkan tiket pesawat dengan harga spesial selama pameran berlangsung.

Sebenarnya, pengunjung bisa memesan tiket pesawat melalui agen perjalanan baik melalui offline maupun online sebelum penyelenggaraan pameran wisata. Hal itu diakui oleh beberapa agen perjalanan yang kerap berpartisipasi pada pameran wisata seperti Golden Rama dan Panorama Tours.

"Biasanya travel fair dengan maskapai tunggal seperti Garuda Indonesia Travel Fair, itu bisa pre-booking. Kalau di pamerannya, banyak maskapai penerbangannya yang berpartisipasi, tidak bisa," kata Manajer Ticketing Retail Golden Rama Anggreini Natalie saat dihubungi KompasTravel, Rabu (27/4/2016). 

Pembukaan pre-order tiket pesawat, lanjut Natalie, memudahkan pengunjung travel fair untuk memesan promo tiket penerbangan tanpa perlu mengantre dan tentunya bisa lebih cepat.

Ia menambahkan, setelah proses pre-order, pengunjung hanya perlu membayar langsung di stan agen perjalanan yang ada di pameran wisata.

"Nanti setelah pre-booking, pengunjung bisa mendapatkan harga promo yang sama di pameran. Kalau happy hour seperti di GATF, tinggal bayar di stan travel agent, lalu ke booth bank untuk dapat cash back, kalau masih ada," jelas Natalie. 

Happy Hour merupakan jam-jam tertentu ketika pihak maskapai penerbangan "mengeluarkan" harga tiket paling murah pada saat pameran namun dengan jumlah kursi terbatas.

Hal senada juga diungkapkan oleh Chief Marketing Officer Panorama Tours Fenny Maria saat dihubungi KompasTravel, Kamis (28/4/2016) sore. Ia menjelaskan, pengunjung bisa melakukan pre-order di semua agen perjalanan yang berpartisipasi.

"Misalnya booking (tiket) kemarin, tapi tergantung time limit. Kalau kena time limit harus booking ulang. Karena setiap flight kan punya time limit tergantung seat yang masih tersedia," ungkapnya.

Menurut Fenny, pre-order tersebut pada umumnya memang bisa dilakukan. Hal itu, lanjutnya, hanya bisa dilakukan jika pihak maskapai telah membuka jadwal penerbangan yang bisa dipesan oleh pembeli.

"Pre-booking, rata-rata di bisa di cabang-cabang atau call-center. Kalau di travel agent online, kan 24 jam, bisa gak perlu mengantri," ungkap Fenny.

Namun, walaupun bisa melakukan pre-booking, pengunjung tetap harus pergi ke pameran wisata untuk menukarkan bukti booking dan membayar tiket yang telah dipesan. Nah, jika mengincar cash back yang tersedia di bank rekanan, Fenny menyatakan, proses tersebut tetap berlangsung manual di stan bank.

Biasanya pre-order sudah bisa dilakukan tiga sampai lima hari sebelum travel fair diadakan. Tinggal pintar-pintar Anda mencari waktu saat Happy Hour agar mendapatkan harga termurah. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com