Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Dusun Pancasila, Willem Daki Gunung Tambora Selama 22 Jam

Kompas.com - 29/04/2016, 18:45 WIB
Wahyu Adityo Prodjo, Sri Anindiati Nursastri

Penulis

DOMPU, KOMPAS.com — Pendaki gunung maraton solo Willem Sigar Tasiam (58) menyelesaikan pendakian di Gunung Tambora, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dalam waktu 22 jam 50 menit. Willem mulai mendaki Gunung Tambora pada Kamis (28/4/2016) pukul 15.00 Wita.

"Willem sampai di base camp Pancasila pukul 13.50 Wita, terlambat sedikit dari target awal pukul 13.00 atau 14.00 Wita," kata wartawan Kompas.com yang mengikuti tim Navara "Jelajah Tanpa Batas", Sri Anindiati Nursastri, saat dihubungi di Dusun Pancasila, Jumat (29/4/2016) sore.

Sastri melanjutkan, Willem tiba di Pos Gerbang Pendakian Gunung Tambora di Jalur Pancasila pada pukul 13.00 Wita. Selanjutnya, Willem berjalan kaki menuju Dusun Pancasila selama 50 menit.

"Willem tiba di Pos 3 pukul 19.35 Wita, melanjutkan menuju Puncak Gunung Tambora pukul 01.00 Wita hari Jumat, dan tiba di puncak pukul 05.20 Wita, kembali turun pukul 08.00 Wita," ungkap perempuan berkerudung itu. 

Selama pendakian Gunung Tambora, cuaca dilaporkan tidak hujan. Informasi yang didapat dari Willem, matahari terbit di puncak Gunung Tambora dengan kondisi sedikit tertutup awan.

"Willem tidur di Pos 3. Bintang-bintang tadi malam terlihat jelas," ujar Sastri.

Sebelum memuncaki Gunung Tambora, Willem telah berhasil berdiri di atas puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.639 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan puncak Gunung Inerie (2.245 mdpl) pada Selasa (26/4/2016).

Gunung Tambora adalah gunung stratovolcano yang masih aktif hingga saat ini, dan berketinggian 2.850 mdpl. Gunung Tambora memiliki tiga jalur pendakian, yakni di Dusun Pancasila, Desa Doro Ncanga, dan Desa Doropeti.

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com