Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Istirahat, Willem Langsung Jajal Gunung Rinjani

Kompas.com - 30/04/2016, 06:12 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

SEMBALUN, KOMPAS.com - Atlet maraton Willem Sigar Tasiam baru turun dari Gunung Tambora pada Jumat (29/4/2016) siang. Usai perjalanan 13 jam ke Lombok, tanpa istirahat, ia langsung mendaki Rinjani.

Rinjani adalah gunung keempat dari 50 gunung yang akan didaki Willem dalam 40 hari lewat ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' Nissan All New Navara. Willem baru turun dari 22 jam mendaki Gunung Tambora kemarin siang. Begitu tiba di base camp Dusun Pancasila, Willem langsung bersiap untuk perjalanan menuju Lombok.

Perjalanan jalur darat ditempuh sekitar 9 jam, dilanjutkan dengan naik kapal dari Pelabuhan Sape menuju Pelabuhan Kayangan sekitar 2 jam. Dari pelabuhan, Nissan All New Navara kembali melaju sekitar 2 jam menuju Bawaknau di kaki Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Rencana awal, Willem akan mulai mendaki pukul 07.00 Wita, Sabtu (30/4/2016). Namun begitu tiba di Bawaknau pukul 04.20 Wita, Willem langsung bersiap.

"Lebih baik jalan sekarang saja, nanti di atas bisa istirahat," tutur Willem sebelum pendakian.

Pria 58 tahun itu menyiapkan perbekalan di dalam Nissan All New Navara. Bekal yang dibawa kurang lebih sama seperti pendakian sebelumnya: flysheet, raincoat, headlamp, pakaian cadangan, air mineral, serta roti dan cokelat. Kali ini Willem juga membawa agar-agar sebagai sumber air dan serat.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Willem Sigar Tasiam bersiap mendaki Gunung Rinjani, Sabtu (30/4/2016) pagi.
Puncak Rinjani berada di ketinggian 3.726 mdpl. Jika cuaca bagus pendaki bisa melihat Gunung Agung, Gunung Raung, dan Gunung Tambora dari kejauhan.

"Rencananya muncak sekitar pukul 15.00-16.00 Wita. Langsung turun lagi habis itu," tuturnya sambil mengepak perbekalan.

Dengan kecepatan maraton Willem, rencananya ia akan tiba kembali di Bawaknau sekitar pukul 21.00 Wita. Willem mengenakan sepatu trekking, celana training Eiger, baju lengan panjang, daypack warna oranye serta tas pinggang.

Dia berangkat mendaki pukul 04.38 Wita. Langit begitu cerah, gugusan bintang tampak jelas dengan penampakan bulan setengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com