Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capai Puncak Rinjani, Pendakian Paling Ramai yang Pernah Willem Alami

Kompas.com - 30/04/2016, 23:53 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

SEMBALUN, KOMPAS.com - Pendaki gunung maraton solo Willem Sigar Tasiam (58) berhasil berdiri di puncak gunung keempat dari daftar 50 gunung yang akan didakinya. Ini adalah kali ke-21 Willem mendaki Rinjani. Ia mengaku belum pernah melihat Rinjani seramai ini.

Willem berangkat mendaki Rijani pada Sabtu (30/4/2016) pukul 04.38 WITA. Atlet yang akan mendaki 50 gunung dalam 40 hari itu tiba di base camp Bawaknau pukul 22.52 WITA di hari yang sama.

"Ini pendakian paling ramai yang pernah saya alami. Ratusan orang di atas situ," tutur Willem selepas pendakian.

Dia menuturkan, pendaki hari itu didominasi wisatawan Malaysia. "Waktu turun lewat Plawangan Sembalun apalagi, ada seratusan orang Malaysia di situ. Mereka bikin tenda di punggungan gunung."

Saat berangkat, Willem tiba di Pos 2 pukul 07.09 WITA. Dia kemudian tiba di Pos 3 pukul 07.55 Wita, dan Pos 4 pukul 10.00 WITA.

"Pos 2 dan Pos 3 ramai sekali. Banyak sekali tenda, untuk jalan lewat saja susah," paparnya.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Willem Sigar Tasiam sebelum mendaki Gunung Rinjani, Sabtu (30/4/2016) pagi.
Willem tiba di puncak Gunung Rinjani (3.726 mdpl) pukul 16.00 WITA. Usai dua puluh menit mengabadikan momen lewat foto dan video, Willem pun kembali turun lewat jalur yang sama.

"Sayangnya cuaca kurang bagus. Nggak dapet sunrise, nggak dapet sunset. Tapi untungnya tidak kehujanan," katanya.

Base camp Sembalun memang diguyur hujan sekitar pukul 13.00 WITA dan sore hari, sekitar pukul 17.00 WITA. "Tapi di atas sangat kabut, danau Segara Anak tidak kelihatan sama sekali," papar dia.

Willem kembali sampai di base camp Bawaknau satu jam lebih lambat dari jadwal. Hal ini karena saat perjalanan pulang, kabut tebal menghadang dan jalur tertutup ilalang tinggi. Meski begitu, Willem berhasil menaklukkan gunung keempat dari ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas'.

Besok, rombongan ekspedisi "Jelajah Tanpa Batas-50 Gunung 40 Hari" akan memacu Nissan All New Navara menuju Pelabuhan Lembar untuk kemudian menyeberang ke Pelabuhan Padang Bai, Bali. Willem akan bersiap untuk menaklukkan dua gunung di Bali sekaligus dalam satu hari: Gunung Agung (Karangasem) dan Gunung Batur (Bangli). Gunung lainnya yang akan didaki di Bali adalah Gunung Batukaru (Tabanan). 

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khususKompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com