Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Empat Alasan Berlibur ke Finlandia

Kompas.com - 02/05/2016, 17:15 WIB

HELSINKI, KOMPAS.com - Pergi berlibur ke luar negeri adalah pilihan terbaik untuk melepas kepenatan dari kebisingan Ibu Kota Jakarta. Finlandia, sebuah negara di bagian utara benua Eropa, adalah salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan.

Negara ini cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan dan kesenangan. Ini adalah empat alasan mengapa Finlandia layak jadi pertimbangan.

1. Destinasi alam

Finlandia adalah salah satu negara yang memiliki bagian hijau terbanyak di Eropa. Negara yang terletak di utara Eropa tersebut, hampir 75 persennya terdiri dari hutan.

Tempat-tempat yang ada di sana pun terlihat begitu alami. Suasana nyaman, aman, dan sunyi akan cocok untuk Anda yang ingin melepaskan kepenatan ramainya ibu kota.

Di sini, Anda bisa menemukan banyak cagar alam yang sangat terjaga, seperti Hameenlinna. Ada pula destinasi alam melihat langit berwarna-warni di ruang terbuka, yakni Nothern Lights di Lapland.

2. Tata kota yang rapi

Mudah tersesat ketika sedang berlibur di satu negara? Finlandia merupakan negara yang tepat. Negara ini memiliki struktur tata kota yang sangat rapi.

Anda akan mudah menemukan berbagai transportasi umum di sana. Seperti di Helsinki, Anda akan mudah dibawa berkeliling oleh tram, bus, atau bahkan kereta cepat bawah tanah (subway).

Bukan hanya itu, ketika Anda sedang berjalan di pusat kota, negeri ini memiliki petunjuk arah yang sangat membantu para pelancong.

3.  Aman dan nyaman

Jika Anda pergi ke ibu kota di satu negara, kemudian Anda khawatir akan menjadi pusat target kriminal, hal itu tak berlaku di Finlandia.

Negeri ini terkenal dengan keamanan tertinggi di dunia. Angka kriminilitas yang terjadi di sini sangat kecil atau bahkan nol per tahunnya.

Tak heran jika banyak anak-anak kecil menghabiskan waktu mereka di luar rumah dan banyaknya orang yang lebih memilih berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum.

4. Kuliner khas tak terlupakan

Berburu kuliner adalah satu hal yang pokok ketika Anda pergi berlibur ke luar negeri. Di Finlandia, Anda akan banyak menemukan makanan dan minuman khas dari negeri tersebut, baik yang modern maupun yang tradisional.

Misalnya minuman tradisional sima. Minuman berkadar alkohol rendah tersebut dibuat secara rumahan, terdiri dari air, madu/gula, dan perasan lemon, dan tambahan alkohol jika diperlukan.

Sima ini biasanya diminum di saat ada perayaan untuk mahasiswa terbesar di Helsinki, bernama  Vappu. Sima menjadi minuman utama untuk perayaan yang digelar pada tanggal 30 April.

(Annisa Meidiana, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, melaporkan dari Helsinki untuk Kompas.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com