Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan "Long Weekend", Jangan Nekat Pesan Tiket Kereta Api ke Rute-rute Ini

Kompas.com - 02/05/2016, 21:32 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah tiket kereta api (KA) tujuan Yogyakarta, Malang, dan Surabaya untuk liburan long weekend Mei 2016 mulai dari tanggal 3-8 Mei 2016 mendatang telah habis dipesan. Tiket-tiket tersebut merupakan tiket keberangkatan dari Jakarta, yaitu Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

"Hingga data saat ini pukul 12.07 WIB Senin (2/5/2016), tingkat okupansi penumpang kereta api keberangkatan dari Jakarta cukup variatif, tidak semuanya habis, tapi untuk keberangkatan Stasiun Gambir rata-rata 100 persen (okupansi) pada tanggal 4 dan 5 Mei," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Bambang S. Prayitno dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/5/2016).

Sementara itu, lanjutnya, KA Argodipangga relasi Gambir-Solobalapan, KA Argo Anggrek Malam relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi, KA Gajayana relasi Gambir-Malang, KA Bima Relasi Gambir-Malang, KA Taksaka Pagi dan KA Taksaka Malam relasi Gambir-Yogyakarta, mulai tanggal 3-6 Mei 2016 sudah 100 persen tingkat okupansinya.

Tingkat okupansi yang tinggi juga berlaku untuk keberangkatan kereta api dari Stasiun Pasar Senen (Jakarta). Bambang menyebutkan tingkat penjualan tiket kereta api dari Stasiun Pasar Senen rata-rata 100 persen pada tanggal keberangkatan 3 dan 5 Mei.

"Bahkan untuk keberangkatan (dari) Pasar Senen pada tanggal 3 sampai dengan 8 Mei, juga sudah 100 persen tingkat okupansinya, seperti KA Matarmaja relasi Pasar Senen-Malang, KA Gayabaru Malam, KA Progo relasi Pasar Senen-Lempuyangan, KA Bengawan relasi Pasar Senen - Surabaya Gubeng," jelasnya.

Namun, menurut Bambang, beberapa KA lain masih tersedia tiket untuk penumpang dengan keberangkatan tanggal 3,7, 8, dan 9 Mei seperti KA Argosindoro relasi Stasiun Gambir-Stasiun Semarang Tawang.

Sedangkan untuk tanggal 3, 6,7, dan 9 Mei, KA Bangunkarta tujuan Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Gubeng dan juga KA Purwojaya tujuan Stasiun Gambir-Stasiun Cilacap masih tersedia. Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen tanggal 3, 6, 7 dan 8 Mei, seperti KA Menoreh relasi Pasar Senen-Stasiun Semarang Tawang juga masih tersedia.

"Kami sarankan untuk kenyamanan pengguna jasa bisa melakukan reservasi PP, sebaran sisa seat running bisa dilihat pada saat melakukan reservasi, artinya calon penumpang bisa menggunakan atau memilih KA yang lain yang melewati stasiun tujuan, contohnya mau ke Yogyakarta bisa menggunakan KA tujuan Surabaya," ungkap Bambang

Pihak PT KAI menghimbau kepada calon penumpang agar tidak melakukan pembelian tiket melalui jasa-jasa perorangan karena bisa berakibat fatal atau tiket tidak bisa digunakan karena palsu.

Hal itu akan sangat merugikan penumpang itu sendiri. Sebab PT KAI tidak bekerja sama dengan perorangan tetapi hanya bekerja sama dengan channel-channel resmi, seperti minimarket terkemuka, kantor pos, agen-agen, juga bisa mengunduh aplikasi KAI Access melalui handphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com