Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Perancis Diundang ke Raja Ampat

Kompas.com - 03/05/2016, 23:16 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

WAISAI, KOMPAS.com - Siapa tak kenal Raja Ampat? Di kalangan para pecinta bahari, nama Raja Ampat di Papua Barat begitu dikenal. Rugi jika ke Raja Ampat tidak melakukan snorkeling atau diving. Begitu kata wisatawan yang pernah ke sana.

Kementerian Pariwisata ingin menggenjot kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara (wisman) dari Perancis ke Raja Ampat. Untuk itulah Kemenpar mengundang media Perancis berkunjung ke Provinsi Papua Barat.

Didampingi M Timmi Timothy Setia, Service Socio-Culturel KBRI Paris dan Anang Sumarna selaku Assistant Manager France, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) France, sebanyak 15 orang dari media Perancis tiba di Manado, Sulawesi Utara, Senin (2/5/2016).

Menginap semalam di Manado, keesokan harinya, Selasa (3/5/2016), mereka melanjutkan perjalanan ke Sorong, Papua Barat.

Menurut Made Wira Adikusuma, Kasubbid Perjalanan Minat Khusus dan Konvensi Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, ke-15 media asal Perancis ini sengaja diundang ke Raja Ampat untuk melihat langsung keindahan bawah laut destinasi wisata bahari yang digandrungi para pecinta selam tersebut.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Raja Ampat Dive Lodge di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (3/5/2016).
Timmi Timothy Setia memaparkan, umumnya wisatawan Perancis suka wisata budaya, sejarah dan ekowisata. "Mungkin diving ini masuk ekowisata," kata Timmi yang sudah puluhan tahun tinggal di Perancis.

Awalnya Timmi mengaku kesulitan mengajak mereka yang memiliki media di Perancis datang ke Indonesia. Alasannya mereka sudah memiliki jadwal ketika pihak Kemenpar mengundang pada waktu bersamaan.

Meskipun demikian, Timmi berhasil membawa media asal Perancis yang berminat terhadap wisata bahari khususnya diving datang ke Indonesia.

Alessandro Capoccia, salah seorang fotografer mengaku baru pertama kali ke Raja Ampat. "Kalau ke Bali sudah sering. Raja Ampat baru kali ini saya ke sana," katanya.

Selasa (3/5/2016), rombongan meninggalkan Sorong menuju Pulau Mansuar. Selama 2 jam boat melaju tanpa halangan berarti. Cuaca mendukung, ombak pun tidak beringas.

Tujuan kami adalah Raja Ampat Dive Lodge, sebuah tempat penginapan di Pulau Mansuar. Pulau ini begitu sepi dengan laut yang jernih. Begitu beningnya air laut, ikan-ikan terlihat sangat jelas.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Raja Ampat Dive Lodge di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (3/5/2016).
Berjalan dari dermaga ke tempat penginapan, pemandangan di kiri kanan dermaga sangat memukau awak media Perancis. Mereka tak henti-hentinya memotret, berhenti sejenak, membidikkan kameranya. Lanjut berjalan. Sampai-sampai tak terasa perjalanan sudah mendekati tempat penginapan.

Begitu indahnya perairan Raja Ampat. Walaupun belum sempat menikmati keindahan bawah lautnya, panorama di permukaan saja sudah memuat kagum mereka yang menyukai wisata bahari khususnya wisata selam.

Besok (Rabu, 4/5/2016) perjalanan berlanjut menuju Pianemo yang menawarkan keindahan lanskap yang menyajikan pemandangan laut berpadu gugusan bukit karst nan elok dipandang mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com