Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend" di Jakarta? Siap-siap, Ancol dan TMII Bakal Ramai

Kompas.com - 04/05/2016, 09:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 320.000 pengunjung saat liburan Long Weekend tanggal 5-8 Mei 2016. Target tersebut lebih besar dibandingkan kunjungan wisatawan pada Libur Hari Raya Paskah Maret.

"Libur Paskah kemarin total kunjungan kita mencapai angka 250.000 wisatawan. Target libur panjang ini sebanyak 320.000 wisatawan," kata Corporate Communication Manager Rika Lestari kepada KompasTravel usai jumpa pers di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (3/5/2016) siang.

Target keseluruhan tersebut dibagi ke dalam beberapa tempat wisata di Ancol yang menyediakan wahana-wahana untuk wisatawan. Tempat wisata yang diandalkan dapat mendatangkan ratusan ribu wisatawan tersebut adalah Pantai Lagoon yang memang tidak mengenakan tiket masuk.

Untuk menarik minat wisatawan datang ke Ancol, pihak pengelola telah menyiapkan acara-acara di masing-masing area wisata dan promo tiket. Salah satunya adalah pengelola memberikan harga tiket masuk khusus sebesar Rp 100.000 untuk weekdays dan Rp 140.000 untuk weekend dengan cara menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan menyerahkan fotokopi STNK di pintu loket Dufan.

Data dari Kementerian Pariwisata hasil olahan dari data Litbangjakpar Kementerian Pariwisata, Badan Pusat Statistik, dan Pengelola Daya Tarik Wisata tahun 2014 mencatat Taman Impian Jaya Ancol adalah obyek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2014 yakni sebanyak 16.748.879 pengunjung.

Hal tersebut menunjukkan tingginya animo wisatawan datang ke Ancol. Taman Impian Jaya Ancol terletak di Jakarta Utara, DKI Jakarta. Jika Anda berniat untuk berlibur ke Ancol pada long weekend mendatang, sebaiknya persiapkan diri Anda karena Ancol diprediksi akan ramai dikunjungi, simak tips berikut: "Long Weekend" di Ancol? Simak Tips Ini Dulu...".

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Museum Keprajuritan di Taman Mini Indonesia Indah
TMII pun akan ramai

Sementara itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga diprediksi akan ramai pengunjung pada liburan long weekend pekan ini. Pihak TMII menargetkan 30.000 pengunjung setiap hharinya.

"Biasanya kalau libur akhir pekan saja jumlah pengunjung rata-rata bisa 15.000-25.000 orang per hari. Mudah-mudahan terpenuhi. Kalau itu bisa, berarti selama empat hari ke depan pengunjung TMII ada sebanyak 120.000 orang," kata Kepala Bagian Humas TMII Jerry Lahama, seperti dikutip Warta Kota, Selasa (3/5/2016).

TMII pun telah menyiapkan 120 orang petugas juga kantung-kantung parkir. Kantung parkir antara lain dekat pintu masuk utama TMII di sisi utara dan selatan. Selain itu, masih ada lagi kantung parkir di dekat wahana Keong Mas, di dekat Akuarium, dan di belakang Taman Burung.

Sementara itu harga tiket masuk tetap, yaitu Rp 10.000 untuk pengunjung. Sedangkan kendaraan, motor sebesar Rp 6.000 dan mobil sebesar Rp 10.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com